kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini cara investor memanfaatkan momentum rights issue agar cuan


Selasa, 12 Maret 2019 / 22:38 WIB
Begini cara investor memanfaatkan momentum rights issue agar cuan


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Potensi banyaknya ruang untuk rights issue di 2019, bisa dimanfaatkan investor untuk mencari cuan tahun ini. Syaratnya, investor mesti jeli dalam melihat pemanfaatan dana atau tujuan emiten menggelar rights issue.

Kepala Riset Koneksi Kapital Alfred Nainggolan menilai, confidence investor untuk masuk ke saham emiten yang melakukan right issue di 2019 lebih baik. Didukung pandangan bahwa ekonomi tahun ini akan cenderung lebih positif.

"Strategi khusus masuk ke saham emiten yang rights issue tidak ada, cuman perlu dicermati sumber pendanaanya bisa langsung dimaksimalkan atau tidak," kata Alfred kepada Kontan, Selasa (12/3).

Menurutnya, tujuan penggunaan dana rights issue yang baik adalah, yang diperuntukkan bagi upaya mendorong pertumbuhan, untuk ekspansi, dana belanja modal, atau bahkan mendorong pertumbuhan organik seperti akuisisi.

"Faktor faktor tersebut bisa menjadi pilihan bagi pasar, untuk melihat prospek right issue emiten mana yang paling bagus," ungkapnya.

Dari sisi trading, investor bisa memanfaatkan momentum rights issue tahun ini ketika ada momentum tren kenaikan pasca right issue selesai, yang mana pada saat itu tren saham emiten tengah meningkat. Apalagi secara historis, harga pelaksanaan rights issue selalu berada di bawah harga pasar, dengan tujuan agar sahamnya bisa lebih menarik di pasar.

Sementara itu, investor yang memanfaatkan momentum trading cenderung tidak terlalu fokus dengan risiko delusi saham, lantaran tidak mengincar porsi capital gain. Namun, menjelang penetapan harga pelaksanaan, harga saham biasanya cenderung lebih rendah mendekati harga pelaksanaan.

"Sehingga itu ada tren koneksi, sehingga itu cara melihat momentum fundamental maupun trading-nya," tandas Alfred.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×