kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Barito Pacific (BRPT) menyiapkan dana Rp 1 triliun untuk buyback


Kamis, 12 Maret 2020 / 18:40 WIB
Barito Pacific (BRPT) menyiapkan dana Rp 1 triliun untuk buyback
ILUSTRASI. Barito Pacific (BRPT) melakukan pembelian kembali sebanyak-banyaknya 2% saham dari seluruh modal disetor.


Reporter: Akhmad Suryahadi, Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Barito Pacific Tbk (BRPT) menyiapkan dana maksimal Rp 1 triliun untuk melakukan pembelian kembali sahamnya sebanyak-banyaknya 2% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh.

Berdasarkan data RTI, jumlah saham BRPT saat ini mencapai 89,01 miliar saham. Bila dihitung dengan jumlah saham yang akan dibeli kembali sebanyak 2% maka jumlahnya mencapai 1,78 miliar saham.

Baca Juga: Kekayaan Prajogo Pangestu di Barito Pacific (BRPT) tergerus, apa kata analis?

Direktur Utama Barito Pacific Agus Salim Pangestu menjelaskan dana yang digunakan untuk buyback berasal dari kas internal. Berdasarkan laporan keuangan BRPT kuartal ketiga 2019, perusahaan ini memiliki kas dan setara kas US$ 661,81 juta atau setara Rp 9,26 triliun (kurs Rp 14.000 per dolar Amerika Serikat).

"Perseroan telah menyisihkan sejumlah dana untuk pembelian kembali saham yang berasal dari dana lebih yang tidak akan mengganggu operasional," tulis Agus dalam keterbukaan informasi yang dikutip Kontan.co.id, Kamis (12/3).

Baca Juga: Menakar prospek BRPT dan TPIA di tengah anjloknya harga minyak dunia

Wakil Direktur Utama Barito Pacific Rudy Suparman mengatakan, pelaksanaan buyback ini akan dilakukan sesuai dengan ketetapan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni dalam jangka waktu 3 bulan ke depan. Pembelian tersebut akan dilakukan pada harga yang lebih rendah atau sama dengan harga penutupan sebelumnya.

“Program buyback ini diharapkan mengirim sinyal positif bahwa manajemen dan pemegang saham pengendali BRPT memiliki keseriusan menjaga kepercayaan publik terutama di pasar modal,” ujar Rudy, hari ini (12/3).

Rudy melanjutkan, komitmen buyback saham ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan BRPT menjaga level of confidence investor. Rudy menambahkan, buyback ini juga dilandasi bahwa BRPT memiliki prospek usaha yang pospektif dalam jangka panjang.

Baca Juga: IHSG anjlok 5,01% ke level terendah sejak Juni 2016

Buyback akan dilakukan secara bertahap terhitung sejak 13 Maret 2020-13 Juni 2020. Barito Pacific menunjuk PT Henan Putihrai untuk melakukan buyback saham BRPT.

Kamis (12/3), harga saham BRPT ditutup turun 10,83% ke Rp 700 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×