kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akuisisi saham Pinehill di atas nilai pasar, masihkah saham ICBP menarik?


Selasa, 09 Juni 2020 / 23:04 WIB
Akuisisi saham Pinehill di atas nilai pasar, masihkah saham ICBP menarik?


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) akan mengakuisisi seluruh saham Pinehill Company Limited. Perjanjian jual beli saham itu telah diteken pada 22 Mei 2020 yang lalu. Adapun total dana yang akan digelontorkan ICBP sebesarĀ  US$ 2,99 miliar.

Berdasar keterbukaan informasi yang dirilis Senin (8/6), dijelaskan nilai pasar wajar atas 100% ekuitas Pinehill Company Limited US$ 2,86 miliar. Itu berarti ICBP mengakuisisi saham Pinehill Company Limited 4,7% lebih tinggi dibanding nilai pasar wajar.

Analis Pilarmas Investindo Okie Ardiastama mengatakan, di dalam proses akuisisi memang jarang mendapatkan prospek bisnis yang potensial di bawah harga wajar. "Jadi selama harganya tidak terlalu jauh dari nilai wajar saya rasa masih cukup menarik," jelas Okie ketika dihubungi Kontan.co.id, Selasa (9/6).

Baca Juga: Indofood CBP (ICBP) berburu utang hingga Agustus 2020 untuk akuisisi Pinehill

Asal tahu saja, dalam keterbukaan informasi juga dijelaskan rencana transaksi itu masih bisa dikatakan wajar karena deviasi maksimum adalah 7,5% dari nilai pasar wajar objek transaksi. Kebijakan itu termuat dalam peraturan no VIII.C3 Pedoman untuk Penilaian dan Laporan Penilaian Usaha di Pasar Modal.

Okie menambahkan, pasar juga perlu melihat prospek bisnis ICBP pasca akuisisi. Saat ini kontribusi ekspor ICBP masih di bawah 20%, sehingga langkah akuisisi itu diharapkan bisa menambah kontribusi ekspor ICBP.

Selain itu, debt to equity ratio (DER) dan debt to total asset ratio (DAR) ICBP yang berada di bawah 1 kali tergolong cukup sehat. Sehingga akuisisi yang sebagian besar akan didanai dari pinjaman itu tidak akan mengurangi kinerja maupun daya tarik ICBP. Adapun berdasar data terakhir, DER berada di 0,4 kali dan DAR berada di 0,3 kali.

Baca Juga: Setelah tembus 5.000, IHSG diprediksi terkoreksi pada Selasa (9/6)




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×