INVESTASI
Berita
Yuan menguat ke level termahal dalam 19 tahun

NILAI TUKAR YUAN

Yuan menguat ke level termahal dalam 19 tahun


Telah dibaca sebanyak 1248 kali
Yuan menguat ke level termahal dalam 19 tahun

BEIJING. Nilai tukar yuan menguat ke level tertinggi dalam 19 tahun. Kenaikan ini terjadi setelah bank sentral China menaikkan kurs patokan yuan yang terbesar dalam enam bulan terakhir ke rekor termahalnya.

People’s Bank of China (PBOC) menetapkan nilai fixing yuan 0,2% lebih kuat menjadi 6,2082 per dollar. Catatan saja, nilai tukar yuan di pasar spot boleh bergerak dengan rentang maksimal 1% dari kurs patokan harian ini.

Bursa China hari ini buka kembali setelah tiga hari penuh libur menyambut hari Buruh. Pagi ini, yuan menguat 0,17% ke 6,1543 per dollar AS pukul 10.11 pagi waktu Shanghai. Yuan sempat menyentuh 6,1540 sebelumnya, yang terkuat sejak pemerintah menyatukan kurs pasar dan kurs resmi yuan di akhir tahun 1993.

Sementara pekan ini, Morgan Stanley mengerek prediksi kurs yuan di akhir tahun, dari 6,3 ke 6,1 per dollar AS. Alasannya, ada prospek pelebaran kisaran perdagangan yang saat ini sebesar 1%. Selain itu, pelaku pasar dalam perdagangan yuan semakin banyak.

"Investor memprediksi China akan melebarkan kisaran perdagangan yuan, yang artinya yuan akan menguat lebih cepat," kata Daniel Chan. Vice President Glory Sky Global Markets Ltd di Hong Kong.

Spekulasi pelebaran batas kisaran perdagangan yuan merebak setelah pada 18 April lalu, Deputi Gubernur PBOC Yi Gang mengatakan kisaran itu akan dilebarkan di waktu yang tak lama lagi. Pemerintah China melakukan revisi terakhir pada 14 April 2012, yaitu melipatduakan batasan trading yuan ke 1%.

Kabar dari Amerika Serikat juga mempengaruhi penguatan yuan hari ini. Daniel memperkirakan dollar AS akan tetap melemah dengan pernyataan yang dikeluarkan Fed kemarin. Fed akan tetap membeli US$ 85 miliar surat utang dari pasar, namun bersiap mengubah kebijakan sesuai kondisi ekonomi AS. "Ini akan menggerakkan aliran dana masuk ke mata uang berimbal hasil tinggi seperti yuan," tuturnya.

Sumber: Bloomberg
Telah dibaca sebanyak 1248 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Ada ratusan produk, pilih mana?

    +

    Ada sekitar 850 produk reksadana beredar saat ini. Pilihlah yang sesuai dengan gaya investasimu

    Baca lebih detail..

  • Menimbang return reksdana dan investasi lain

    +

    Return reksadana memang ciamik sepanjang tahun ini. Tapi, belakangan muncul gejolak di pasar. Apakah lebih baik mengamankan aset di instrumen aman seperti deposito, atau emas yang harganya sekarang lebih murah?

    Baca lebih detail..