: WIB    --   
indikator  I  

WIKA siapkan Rp 29,4 miliar di dua ruas tol

WIKA siapkan Rp 29,4 miliar di dua ruas tol

JAKARTA. Emiten konstruksi pelat merah, PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) telah memperoleh hak konsensi di dua ruas tol bersama konsorsium PT Jasa Marga (JSMR). Kedua ruas tersebut yakni Balikpapan-Samarinda dan Manado Bitung.

Berdasarkan keterangan resmi WIKA Rabu (8/6), konsorsium JSMR telah melakukan penandatanganan akta pembentukan perusahaan patungan (Badan Usaha Jalan Tol/BUJT) untuk mengelola dua ruas tol pada 6 Juni 2016. Sebagai penyertaan modal untuk kedua proyek tersebut, WIKA akan menyiapkan dana sebesar Rp 29,4 miliar.

Ruas Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,35 Kilometer (km) dimenangkan oleh perseroan bersama PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT PP Tbk (PTPP), PT Bangun Tjipta Sarana (BTS).

Keempatnya telah membentuk perusahaan patungan sebagai BUJT ruas tersebut dengan nama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda.

Dengan kepemilikan 15% dalam perusahaan patungan tersebut, WIKA akan melakukan penyertaan modal sebesar Rp 16,8 miliar atau 16.800 lembar saham.

Sedangkan untuk ruas Manado-Bitung sepanjang 39,9 km dimiliki oleh JSMR, WIKA dan PTPP dengan porsi kepemilikan masing-masing 65%, 20% dan 15%. Ketiganya telah membentuk perusahaan patungan untuk mengelola ruas tol tersebut dengan nama PT Jasamarga Manado Bitung.

Penandatangan pembentukan perusahaan patungan untuk ruas Menado-Bitung bersamaan dengan ruas Balikpapan-Samarinda. Dengan kepemilikan 65% dalam BUJT tersebut JSMR melakukan penyertaan modal sebesar Rp 40,95 miliar, WIKA dengan kepemilikan 20% melakukan penyertaan modal Rp 12,6 miliar dan PTPP melakukan penyertaan modal sesuai kepemilikannya yakni 15%.


Reporter Dina Mirayanti Hutauruk
Editor Yudho Winarto

KINERJA WIKA

Feedback   ↑ x
Close [X]