kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada, IHSG masih punya kans melemah


Minggu, 15 April 2018 / 17:18 WIB
Waspada, IHSG masih punya kans melemah
ILUSTRASI. Pasar modal


Reporter: Dede Suprayitno, Elisabet Lisa Listiani Putri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat (13/4) ditutup melemah 0,64%. Indeks pada Jumat berada pada level 6.270,33 setelah pada penutupan Kamis berada pada level 6.310,80. Pada perdagangan Jumat, asing masih mencatatkan net sell sebesar Rp 620,71 miliar. Sedangkan sejak awal tahun, total asing telah tercatat net sell Rp 26,05 triliun.

Meski secara teknikal Indeks diprediksi akan mencatatkan penurunan, beberapa sentimen positif kemungkinan akan mendukung pergerakan indeks besok. "Seperti adanya daftar neraca perdagangan yang positif, dan bisa menjadi sentimen bagi indeks," kata Muhammad Nafan Aji, Analis Binaartha Parama Sekuritas kepada Kontan.co.id, Minggu (15/4).

Ia mengatakan bahwa jika data neraca perdagangan sesuai dengan ekspektasi pasar, maka kenaikan indeks kemungkinan akan terjadi esok hari. Secara teknikal, Nafan masih memprediksi indeks masih mencatatkan perlemahan dengan indikator daily, MACD membentuk pola golden crross di area negatif.

Terdapat pola long black closing marubozu candle yang mengindikasikan adanya potensi perlemahan lanjutan. Dia memperkirakan indeks akan mencatatkan perlemahan dengan range 6.227 hingga 6.356.

Hendri Widiantoro, Analis Erdhika Elit Sekuritas menyatakan Indeks pada akhir perdagangan pekan lalu ditutup melemah membentuk pola candle bearish continuation terjadi dead cross MA25. “Stochastic berada di areal overbought membentuk dead cross mempunyai ruang pelemahan yang cukup lebar,” kata Hendri dalam riset, Jumat (13/4).

Bill william berada pada momentum yang positif dan bergerak pada fase akselerasi, walaupun pergerakan akselerasi yang sudah saturasi. Indeks diperkirakan akan bergerak melemah, stop-loss pada level 6.244. “Range pergerakan hari ini (besok) di perkirakan akan berada di kisaran 6.240-6.326,” lanjutnya.

William Surya Wijaya, Vice President Research Departemen Indosurya Bersinar Sekuritas menyatakan, peluang kenaikan IHSG masih terbuka lebar. Hal ini terlihat dari support level yang teruji dan mampu dipertahankan dengan baik, kenaikan peringkat oleh Moody's terhadap negara kita juga dapat memberikan sentimen positif terhadap pola gerak IHSG di hari ini hingga beberap waktu mendatang.

Dia menyatakan, momentum koreksi wajar masih dapat terus dimanfaatkan untuk melakukan akumulasi pembelian mengingat IHSG dalam jangka panjang masih berada dalam jalur uptrend. “IHSG hari ini berpotensi melaju di zona hijau dengan range 6.171-6.389,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×