kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waskita Karya (WSKT) mendivestasi tol Medan–Kualanamu–Tebing Tinggi Rp 824 miliar


Senin, 08 Maret 2021 / 19:07 WIB
Waskita Karya (WSKT) mendivestasi tol Medan–Kualanamu–Tebing Tinggi Rp 824 miliar
ILUSTRASI. Waskita Karya (WSKT) akan menerima pembayaran transaksi senilai Rp 824 miliar secara bertahap.


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Toll Road (WTR) anak perusahaan dari PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) sepakat mendivestasikan 30% saham di Ruas Tol Medan – Kualanamu - Tebing Tinggi (JMKT) kepada investor Road King Expressway (RKE) melalui anak perusahaannya Kings Ring Limmited (KRL). 

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan conditional sale purchase agreement (CSPA) antara PT Waskita Toll Road (WTR) dengan Kings Ring Limmited. RKE merupakan salah satu investor asal Hong Kong yang berpengalaman sebagai investor jalan tol lebih dari 20 tahun di China. 

Melalui anak perusahaannya Kings Ring Limited (KRL), perusahaan yang berdomisili di Hongkong sepakat mengambil alih seluruh saham WTR di JMKT sebesar 30% dengan transaksi senilai Rp 824 miliar yang akan dibayarkan secara bertahap setelah ditandatanganinya akta jual beli alias sale purchase agreement apabila seluruh dokumen dan legalitas telah dilengkapi.

Direktur Utama WTR Septiawan Andri Purwanto mengatakan bahwa divestasi ruas tol JMKT ini merupakan strategi bisnis WTR dan diharapkan akan menjadi momentum yang baik untuk rencana divestasi selanjutnya di masa mendatang. 

Baca Juga: Begini kesiapan BUMN Karya mengoptimalkan SWF Indonesia Investment Authority

“Setelah disepakatinya perjanjian awal ini, kami akan segera memproses dokumen dan melengkapi apa saja yang dibutuhkan dari pihak investor maupun WTR sebelum penandatanganan sale purchase agreement tersebut dilakukan," ujar Septiawan.

Direktur Business Development & QHSE  Waskita Karya Fery Hendriyanto menambahkan bahwa penandatanganan CSPA merupakan momentum yang baik untuk meningkatkan kepercayaan investor dalam berinvestasi di bidang infrastruktur jalan tol.  Penandatanganan CSPA ini hanyalah awal dari semua peluang investasi di Indonesia.

Transaksi ini menunjukkan peluang investasi yang tak terhitung jumlahnya di Indonesia, tidak hanya proyek di jalan tol tetapi juga di sektor lain. "Kami berharap proses divestasi ini berjalan dengan lancar sehingga sinergi kerja sama antara Waskita Group dan Road King Expressway dapat berjalan lancar," ujar Fery.

Sebagai informasi ruas Medan – Kualanamo – Tebing Tinggi ini merupakan jalan tol yang terletak di Sumatra Utara dan menjadi bagian dari jalan tol Trans Sumatra. Ruas ini memiliki panjang 61,7 Km yang telah beroperasi penuh sejak tahun 2016. Keberadaan ruas tol ini sangat penting untuk menghubungkan kota Medan dan daerah sekitarnya, khususnya ke Bandara Kualanamu dan wilayah Tebing Tinggi.

Baca Juga: Lepas 20% saham ruas jalan tol Semarang-Batang, Waskita Toll Road raih Rp 1,5 triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×