kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Turun Mengawali Paruh Kedua, Masih Diselimuti Kekhawatiran Laju Ekonomi


Jumat, 01 Juli 2022 / 22:09 WIB
Wall Street Turun Mengawali Paruh Kedua, Masih Diselimuti Kekhawatiran Laju Ekonomi
ILUSTRASI. Wall Street


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street memulai paruh kedua tahun ini dengan catatan yang membosankan pada hari Jumat (1/7). Investor masih diselimuti kekhawatiran atas risiko terhadap pertumbuhan ekonomi dari keputusan Federal Reserve untuk mengekang kenaikan harga dengan segala cara.

Melansir Reuters, pada pukul 10:12 pagi waktu setempat, Dow Jones Industrial Average turun 114,85 poin atau 0,37% pada 30.660,58, S&P 500 turun 9,89 poin atau 0,26% pada 3.775,49, dan Nasdaq Composite turun 5,81 poin atau 0,05 %, pada 11.022.93.

Ketika era uang murah hampir berakhir dan siklus suku bunga yang lebih tinggi dimulai, investor untuk sebagian besar tahun ini telah menjual ekuitas, mendorong S&P 500 untuk menutup enam bulan pertama terburuk sejak 1970 pada hari Kamis (30/6).

"Babak pertama benar-benar jelek. Jadi ekspektasi kami adalah bahwa kami harus menetap di sini," kata Joe Saluzzi, co-manager perdagangan di Themis Trading.

Baca Juga: Wall Street Dibuka Memerah Mengawali Paruh Kedua Tahun Ini

"Orang-orang berharap kami memiliki babak kedua yang lebih baik tetapi buktinya akan ada dalam angka dan hal pertama yang akan mereka cari adalah seberapa buruk pendapatannya."

Ada lebih banyak bukti pada hari Jumat bahwa kenaikan suku bunga merugikan permintaan di ekonomi terbesar dunia. Data menunjukkan ukuran pesanan baru menyusut untuk pertama kalinya dalam dua tahun dan aktivitas manufaktur melambat lebih dari yang diharapkan pada bulan Juni.

Terlepas dari tanda-tanda pertumbuhan yang melambat, pejabat The Fed telah membuat kasus untuk kenaikan suku bunga 75 basis poin kedua pada bulan Juli, membuat investor menilai potensi pukulan terhadap pendapatan perusahaan.

"Kepercayaan investor menguap sekarang. The Fed mengatakan mereka akan menaikkan suku bunga dan jika mereka ingin inflasi terkendali, ekonomi akan mengalami kesulitan dalam jangka pendek dan setidaknya enam hingga 12 bulan ke depan, " kata Kunal Sawhney, kepala eksekutif di firma riset Kalkine.

"Volatilitas akan ada di paruh kedua tahun ini, mengingat risiko resesi telah meningkat."

Asal tahu, pasar melihat babak pertama yang bergejolak karena kekhawatiran atas kenaikan suku bunga yang besar, ketidakpastian geopolitik, rantai pasokan yang berkepanjangan dan penguncian di China membebani sentimen.

Pada sesi sebelumnya, ketiga indeks membukukan penurunan kuartalan kedua berturut-turut. Dow mengalami penurunan persentase paruh pertama terbesar sejak 1962 dan Nasdaq yang padat teknologi mencatat enam bulan pertama terburuk yang pernah ada.

"Teknisi besar benar-benar hancur pada kuartal kedua karena hasil yang lebih tinggi itu. Kami berharap untuk melihat semacam kinerja yang lebih baik di sisi Nasdaq dengan hasil yang lebih rendah itu," tambah Saluzzi.

Saham Micron Technology Inc turun 5,6% karena perusahaan chip memori itu memperkirakan pendapatan kuartal saat ini di bawah ekspektasi pasar, memicu kekhawatiran sektor chip berubah menuju siklus turun.

Baca Juga: Kebijakan Agresif The Fed Memakan Korban, Belanja Konstruksi AS Tiba-Tiba Turun

Indeks Philadelphia SE Semiconductor yang lebih luas turun 3,2%.

Saham pemilik Facebook Meta Platforms Inc tergelincir 2,5%. Perusahaan telah memotong rencana untuk mempekerjakan insinyur setidaknya 30% tahun ini. CEO Mark Zuckerberg mengatakan kepada karyawan, memperingatkan mereka untuk bersiap menghadapi penurunan ekonomi yang mendalam.

Saham Kohl's Corp jatuh 20,9% karena rantai department store membatalkan penjualannya ke Grup Waralaba pemilik Vitamin Shoppe, menyalahkan penurunan kondisi pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×