kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vaksinasi mandiri jadi sentimen positif bagi Kalbe Farma (KLBF)


Selasa, 09 Maret 2021 / 15:54 WIB
Vaksinasi mandiri jadi sentimen positif bagi Kalbe Farma (KLBF)
ILUSTRASI. Direktur Utama PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) Vidjongtius dalam konferensi pers RUPST KLBF yang digelar secara online, Senin (18/5). Foto: DOK Kalbe Farma)


Reporter: Kenia Intan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah melalui Menteri Kesehatan telah menerbitkan aturan mengenai vaksinasi Covid-19 mandiri yang disebut dengan vaksinasi gotong royong. Beleid itu tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Asal tahu saja, vaksinasi gotong royong adalah pelaksanaan vaksinasi kepada karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga yang pendanaannya ditanggung atau dibebankan pada badan hukum/badan usaha. 

Menurut catatan Kontan.co.id sebelumnya, vaksinasi gotong royong akan didistribusikan kepada perusahaan menggunakan jenis atau merek vaksin yang berbeda dengan program pemerintah. 

Baca Juga: Ditopang investor domestik, pasar saham Indonesia tangguh hadapi taper tantrum

"Jenis vaksin Gotong Royong tidak akan menggunakan vaksin Sinovac, vaksin AstraZeneca, vaksin Novavax dan Pfizer. Jadi di luar vaksin itu,” jelas Juru Bicara Vaksinasi Pemerintah Siti Nadia Tarmizi seperti yang dikutip Kontan.co.id pekan lalu, Senin (1/3). 

Emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) menyambut positif langkah tersebut. Sebab, adanya vaksinasi gotong royong dapat mempercepat proses vaksinasi nasional. Direktur Utama PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius tidak memungkiri, disetujuinya vaksinasi gotong royong akan memperbesar peluang bagi vaksin Covid-19 yang tengah dikembangkan KLBF dan Genexine Korea Selatan. 

"Kalbe akan mengikuti policy pemerintah dan peluang tersebut tetap terbuka karena secara nasional kebutuhan volume vaksin cukup besar," ujar Vidjong ketika dihubungi Kontan.co.id Senin (8/3). 

Asal tahu saja, vaksin Covid-19 yang dikembangkan KLBF dan Genexine Korea Selatan masih dalam tahap uji klinis saat ini. Vidjong berharap proses uji klinis dan persetujuan emergency dari  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dapat diperoleh di kuartal III 2021. 

Baca Juga: Pendapatan turun, laba bersih Gajah Tunggal (GJTL) malah melesat 19% di 2020

Adapun untuk volume produksinya, Vidjong bilang masih dalam proses perhitungan bersama pihak Genexine. Menurut catatan Kontan..co.id, vaksin ini diharapkan dapat dijual tidak lebih dari US$ 10 nantinya.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×