: WIB    --   
indikator  I  

Tumbuh 6%, RALS penuhi target kinerja

Tumbuh 6%, RALS penuhi target kinerja

JAKARTA. Di tengah kurang kondusifnya industri ritel, khususnya segmen menengah ke bawah, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) justru mampu memenuhi target kinerja.

"Pendapatan sepanjang 2016 lalu Rp 8,3 triliun," ujar Sekretaris Perusahaan RALS Setyadi Surya kepada KONTAN, Rabu (11/1). Sebelumnya, manajemen menargetkan pertumbuhan pendapatan 2016 naik sekitar 6% dari sebelumnya Rp 7,78 triliun.

Realisasi ini sepenuhnya tercapai setelah pada Desember 2016 RALS mencatatkan pendapatan Rp 801,6 miliar. Angka ini naik 6% dibanding Desember 2015, Rp 755,7 miliar.

Siklus bisnis RALS memang seperti ini. Setiap Desember, penjualannya selalu meningkat. Kenaikan bisa berlangsung hingga Januari tahun berikutnya, lalu kemudian kembali melandai pada Februari.

Ini juga terlihat dari kinerja gerai yang sudah ada tanpa adanya penambahan gerai baru atau istilahnya SSSG (Same Store Sales Growth) perseroan yang tercatat 6,6% pada Desember 2016. Pada November 2016, SSSG operator gerai Ramayana ini malah hanya 1,8%.

Jika dirinci lebih lanjut, kawasan luar Jawa justru mencatat SSSG tertinggi, sebesar 8,1%, disusul oleh kawasan Pulau Jawa dan Jakarta masing-masing 7,8% dan 4,8%.


Reporter Dityasa H Forddanta
Editor Barratut Taqiyyah

EMITEN

Feedback   ↑ x
Close [X]