kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trimegah bullish dengan Tiga Pilar (AISA), ini alasannya


Selasa, 17 November 2020 / 21:31 WIB
Trimegah bullish dengan Tiga Pilar (AISA), ini alasannya
ILUSTRASI. Produk-produk dari AISA ( PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk ).foto/KONTAN/Daniel Prabowo


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Trimegah Sekuritas memasang sikap bullish untuk saham PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA). Produsen makan ringan Taro ini dinilai telah melewati masa sulit dan bakal segera menorehkan kinerja keuangan yang lebih baik.

Dua analis Trimegah, Hasbie dan Sebastian Tobing memperkirakan, AISA bakal mencatat penjualan Rp 1,8 triliun tahun depan, naik 41% dibanding perkiraan realisasi penjualan tahun ini. Tidak berhenti sampai di situ.

Margin AISA juga membaik seiring dengan berkurangnya utang perusahaan buntut dari kekisruhan internal beberapa waktu lalu. Kondisi ini diperkirakan membuat AISA mampu mencatat laba bersih per saham Rp 13.

Dalam riset 15 November tersebut juga dijelaskan, kehadiran FKS Group juga memberikan sentimen positif tambahan. Keduanya menilai FKS memiliki rekam jejak good governance yang baik. Ditambah lagi, FKS merupakan pemain komoditas yang cukup mendominasi sehingga akan memunculkan sinergi setelah FKS menjadi pemegang saham AISA.

Baca Juga: Tiga Pilar (AISA) segera mencatatkan saham private placement

Hasbie dan Sebastian menambahkan, setelah badai yang terjadi pada 2017 membuat AISA kehilangan kontributor bisnis terbesarnya, yakni beras. Namun, hal ini justru membuat AISA bisa lebih fokus pada segmen konsumer.

Terlebih, segmen makanan dasar saat ini berkontribusi 43% terhadap pendapatan konsolidasi. Segmen makanan ringan bahkan memberikan kontribusi hingga 52%.

Keduanya juga melakukan pengecekan langsung distribusi produk AISA ke lapangan. Hasilnya, produk AISA jarang tersedia di pasar modern atau pusat perbelanjaan, kecuali Taro.

Artinya, AISA kembali memiliki ruang untuk mengisi kekosongan tersebut yang berujung pada semakin moncernya kinerja keuangan perusahaan.

Baca Juga: Lewat private placement, Tiga Pilar (AISA) akan raih Rp 499 miliar dari FKS Group

Trimegah memberikan rekomendasi buy saham AISA dengan target harga Rp 350 per saham. Target harga ini mencerminkan price to earning ratio (PER) 2021 sebesar 27,3 kali.

Meski begitu, risiko berupa dampak pandemi, depresiasi rupiah secara signifikan hingga tertundanya upaya untuk meraih kembali pangsa pasar tetap menjadi hal yang perlu diwaspadai. Pada Selasa (17/11), harga saham AISA turun 1,74% ke Rp 226 per saham.

Baca Juga: Tiga Pilar (AISA) upayakan pelunasan utang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×