kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan daya saing, XL Axiata (EXCL) melakukan transformasi digital


Selasa, 20 Oktober 2020 / 22:21 WIB
Tingkatkan daya saing, XL Axiata (EXCL) melakukan transformasi digital
ILUSTRASI. Logo operator seluler XL Axiata EXCL di kantor pusatnya di Jakarta. KONTAN/Cheppy A. Muchlis. Foto Masuk : Rabu 130529


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk meningkatkan daya saing di tengah kompetisi industri telekomunikasi yang semakin ketat, PT XL Axiata Tbk (EXCL) terus berbenah dengan melakukan transformasi digital.

Hal ini diwujudkan XL Axiata dengan mengadopsi perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan bernama SAP S/4 HANA Cloud.

Ini merupakan modernisasi dari perangkat lunak keluaran SAP yang sebelumnya dan telah diterapkan XL Axiata sejak awal September 2020. XL Axiata menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang menggunakan SAP S/4 HANA Cloud.

Director & Chief Information-Digital Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya menjelaskan, transformasi digital merupakan bagian utama dari strategi bisnis XL Axiata. Transformasi digital diyakini akan memberikan efisiensi dan efektivitas untuk tata kelola, pengambilan keputusan, dan aktivitas operasional yang lebih baik.

Baca Juga: Rekomendasi saham hari ini (20/10): saham EXCL, saham TBIG, saham PPRE!

Transformasi digital XL Axiata mencakup aspek pelayanan pelanggan (perorangan dan korporasi), mitra perusahaan, dan karyawan. Dalam aspek pelayanan pelanggan, SAP S/4HANA Cloud terintegrasi denganĀ  teknologi modern, seperti artificial intelligence dan machine learning sehingga memudahkan pembuatan program untuk konsumen XL Axiata.

"Perangkat lunak ini juga memungkinkan XL Axiata untuk melakukan pembayaran ke vendor secara lebih cepat. Bagi pelanggan korporasi, invoice yang kami lakukan sudah lebih otomatis dan berbentuk digital," tutur Yessie.

Selain itu, SAP S/4HANA Cloud juga terintegrasi dengan sistem manajemen inti di sekitarnya, seperti manajemen menara, sourcing, manajemen aset jaringan, dan billing.

Keunggulan lainnya dari SAP S/4HANA Cloud adalah memberikan infrastruktur teknologi informasi yang lebih sederhana dan efisien, yang mampu menyediakan source of truth tunggal bagi keuangan ataupun data perusahaan lainnya.

Baca Juga: IHSG hari ini (20/10) bakal menguat lagi, saham berikut bisa jadi pertimbangan

Yessie menilai, hal Ini dapat membantu manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang lebih strategis ke depannya. Pasalnya, data masukan dari dashboard keuangan dapat memberikan wawasan secara realtime yang pada akhirnya membuat XL Axiata lebih lincah dalam merespons pasar.

Tak ketinggalan, layanan cloud ini juga membantu XL Axiata untuk memenuhi peraturan International Financial Reporting Standards (IFRS) 16 dan hukum serta peraturan pajak yang berlaku di Indonesia.




TERBARU

[X]
×