kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Surya Citra Media menyiapkan agenda akuisisi perusahaan


Rabu, 21 Februari 2018 / 07:45 WIB
Surya Citra Media menyiapkan agenda akuisisi perusahaan
ILUSTRASI.


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Surya Cipta Media Tbk (SCMA) kembali menggelar aksi korporasi. Pemegang saham emiten media ini telah menyetujui rencana menggalang dana melalui private placment.

Direktur Utama SCMA Sutanto Hartono mengatakan, dana hasil private placement akan dimanfaatkan untuk pengembangan usaha. "Akuisisi atau penambahan capex," ujar dia, Selasa (20/2).

Sutanto menyebut, saat ini akuisisi merupakan langkah paling optimal untuk mendongkrak kinerja. Alasannya, bisnis media, terutama televisi, sudah jenuh. Pertumbuhan industri rata-rata kini hanya sekitar 6%–8%, tak lagi mencapai double digit.

Meski begitu, prospek bisnis dirasa masih menarik. Alhasil, SCMA merasa perlu melakukan akuisisi. Hal itu yang mendasari SCMA menggelar private placement.

SCMA akan private placement dengan merilis maksimal 1.46 miliar saham, atau 10% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Harga pelaksanaannya ditetapkan minimal Rp 2.446 per saham.

Pengelola stasiun televisi SCTV dan Indosiar ini bakal meraup dana Rp 3,58 triliun melalui aksi korporasi tersebut. Private placement SCMA ini bakal memberi efek dilusi  sekitar 9,09% kepada pemegang saham lain.

Untuk memuluskan aksi korporasi ini, manajemen SCMA tengah menjajaki sejumlah investor strategis. Tak menutup kemungkinan, jumlah investor strategis SCMA lebih dari satu, mengingat placement akan digelar bertahap.

Sutanto enggan merinci siapa yang menjadi target akuisisi. Namun, dia memastikan target akuisisi masih lingkup bisnis media, terutama berkaitan konten televisi. Konten televisi serial FTV menjadi salah satu penopang utama kinerja SCMA.

"Kami akan terus ekspansi dari sisi konten dengan bisnis yang terkait konten dan program kami," jelas Sutanto. Meski demikian, manajemen tetap terbuka dengan bisnis turunan media seperti media digital.

Soal isu rencana mengambil-alih sebagian saham PT Intermedia Capital Tbk (MDIA), dia menampik hal ini. "Isu itu tidak benar," kata Sutanto.

Seperti diberitakan sebelumnya, SCMA dikabarkan akan membeli 10% saham MDIA, pemilik stasiun televisi ANTV (Harian KONTAN, 14 Februari 2018).

*Silakan unduh laporan keuangan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) terbaru di KinerjaEmiten.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×