: WIB    —   
indikator  I  

Sukses masuk bursa, MTWI berjanji menekan rugi

Sukses masuk bursa, MTWI berjanji menekan rugi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk resmi menginjakkan kaki di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (11/10). Di hari pertama perdagangannya, harga saham yang memakai kode MTWI ini melompat 70% ke Rp 170 per saham. 

Lewat aksi korporasi ini, MTWI melepas 20,32% sahamnya atau setara dengan 310 juta saham. Initial public offering (IPO) ini terbilang sukses dengan oversubscribed sebanyak 2,1 kali yang berasal dari 800 investor. "Total dana yang dihimpun Rp 31 miliar," kata Ilham Akbar Habibie, Komisaris MTWI, Rabu (11/10).

Menurut dia, IPO merupakan langkah strategis menuju perusahaan yang lebih baik dan sesuai dengan good corporate governance(GCG).

MTWI merupakan emiten ke-26 yang mencatatkan sahamnya tahun ini, sekaligus menjadi emiten ke-560 di BEI. Panin Sekuritas menjadi penjamin pelaksana emisi dalam aksi ini. Di awal perdagangan, saham perusahaan yang sebelumnya bernama PT Asuransi Wuwungan ini langsung dibuka di  harga Rp 120 atau naik 20% dari harga penawaran 
Rp 100 per saham. 

Sekadar informasi, MTWI sejatinya masih mencetak rugi bersih. Per September 2017, perusahaan ini masih mencatatkan kerugian sebesar Rp 6 miliar. MTWI menyatakan sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengurangi kerugian perusahaan ini. 

Vientje Harijanto, Direktur Utama MTWI, mengatakan,  perusahaannya akan melakukan berbagai strategi untuk mendorong pendapatan. "Kami juga akan melakukan efisiensi dan mengurangi atau bahkan meniadakan pengeluaran yang tidak diperlukan," kata Vientje.

Vientje mengatakan, di Oktober ini, MTWI telah berhasil mengurangi kerugian sebanyak Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar. Dengan demikian, ia berharap MTWI dapat mencatat keuntungan dalam waktu 1-2 tahun ke depan. Di kuartal 1-2017, perusahaan ini mencatatkan pendapatan premi bruto Rp 49,07 miliar.

Saat ini, MTWI sudah melayani beberapa produk asuransi. Di antaranya asuransi kesehatan dengan porsi 40%, asuransi kendaraan dengan porsi 20% dan juga asuransi properti sebesar 20%.


Reporter Elisabet Lisa Listiani Putri
Editor Wahyu Rahmawati

KINERJA EMITEN

Feedback   ↑ x
Close [X]