kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Stadion Papua Bangkit yang diselesaikan PTPP tahun lalu, diresmikan hari ini


Jumat, 23 Oktober 2020 / 18:19 WIB
Stadion Papua Bangkit yang diselesaikan PTPP tahun lalu, diresmikan hari ini
Peresmian Stadion Papua Bangkit oleh Gubernur Papua Lukas Enembe, Jumat (23/10).


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PP (Persero) Tbk (PTPP) telah menyelesaikan pembangunan proyek Stadion Papua Bangkit pada tahun lalu. Proyek pembangunan Stadion Papua Bangkit tersebut diresmikan secara langsung oleh Gubernur Papua Petahana Lukas Enembe, Jumat (23/10). 

Peresmian yang diselenggarakan di arena lapangan Stadion Papua Bangkit tersebut dihadiri oleh para pejabat daerah setempat. Sementara itu, jajaran manajemen PTPP turut hadir secara langsung secara langsung dalam acara tersebut, antara lain Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Agus Purbianto dan SVP Divisi Gedung Andek Prabowo. 

Stadion Papua Bangkit berlokasi di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua awalnya dibangun untuk menyambut penyelenggaraan PON XX Papua Tahun 2020 yang pertama kali akan berlangsung di Papua. Stadion ini memiliki kapasitas sebesar 42.000 penonton.

Seluruh fasilitas stadion ini telah berstandar internasional, mulai dari bangunan yang dibuat hingga tiga lantai, lintasan atletik telah tersertifikasi IAF, lapangan yang telah mengikuti standar FIFA, serta sarana pendukung lainnya yang didatangkan langsung dari luar negeri. 

Baca Juga: Presiden Jokowi: Stadion utama Papua Bangkit diharapkan selesai Mei 2019

Stadion ini terdiri dari dua lapangan, yaitu lapangan utama dan lapangan pemanasan. Pembiayaan pembangunan stadion ini didanai oleh APBD Provinsi Papua senilai Rp 1,3 triliun. Pada bulan Oktober 2020 ini, Stadion Papua Bangkit resmi berubah nama menjadi Stadion Lukas Enembe. Stadion Papua Bangkit diklaim sebagai stadion terbaik dan termegah kedua yang ada di Indonesia setelah Stadion Gelora Bung Karno yang berlokasi di Ibu Kota Jakarta. 

Desain stadion ini disesuaikan dengan budaya masyarakat Papua, yaitu Honai. Karena keunggulannya, Stadion Papua Bangkit berhasil masuk sebagai salah satu Nominasi Stadion Terbaik Dunia 2019 yang diselenggarakan oleh media online asal Polandia, yaitu StadiumDB.com. Stadion ini bersaing dengan 21 stadion lainnya yang berasal dari 19 negara yang untuk menjadi yang terbaik. 

Agus mengatakan PTPP menyelesaikan pembangunan stadion ini tepat waktu dimana, yakni pada Juni 2019 lalu. "Kehadiran Stadion Papua Bangkit ini telah menjadikan ikon (landmark) tersendiri bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Papua,” ujar Agus Purbianto dalam siaran pers, Jumat (23/10). 

Baca Juga: PTPP merampungkan Jembatan Teluk Kendari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×