kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Solusi mudah atasi kecanduan gula


Kamis, 05 Januari 2017 / 12:56 WIB
Solusi mudah atasi kecanduan gula


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

JAKARTA. Semakin Anda gemar mengonsumsi minuman atau makanan tinggi gula, maka semakin tinggi keinginan untuk terus menikmati rasa manis. Lalu, kalau sudah “kecanduan” gula, bagaimana cara efektif terbebas dari gula berlebih?

Selain meningkatkan risiko obesitas dan diabetes, asupan gula berlebih—melebihi yang direkomendasikan yaitu 50 gram atau 4 sendok makan per hari—dapat mempercepat proses penuaan dalam tubuh Anda.

Hasilnya, selain tubuh yang terlihat lebih cepat tua, penyakit berisiko tinggi juga menjadi ancaman bagi para pecinta gula. Dilansir dari Popsugar.com, berikut adalah solusi dari beberapa ahli agar kita terbebas dari kecanduan gula.

Kurangi porsi gula hingga setengahnya

"Anda masih dapat memiliki menikmati cokelat atau dessert," kata ahli gizi Tamara Melton dari Akademi Gizi. Namun, untuk mengurangi kecanduan gula, Anda perlu mengurangi asupan gula sedikit demi sedikit.

Seperti tidak mengonsumsi cokelat setiap hari, melainkan 3 hari sekali, lalu dilanjutkan seminggu sekali. Kurangi juga porsi gula dalam minuman manis, menjadi level 80%, lalu menjadi 50%.

Miliki sugesti positif

Kathie Dolgin, penulis buku Sugar Savvy Solution: Kick Your Sugar Addiction for Life and Get Healthy, mengatakan, Jika Anda berpikir Anda sedang menolak gula, keinginan mengurangi gula akan menjadi sulit, bahkan sangat sulit.

Ada baiknya, ubah kata negatif “menolak gula” atau “sedang diet gula” menjadi sugesti baik, seperti “ingin hidup lebih sehat” atau “ingin terlihat lebih langsing”, sehingga usaha Anda akan berjalan lebih mudah. Percayalah!

Jangan sampai kelaparan

Simone Gloger, ahli gizi terdaftar dan ahli gizi Dukan diet, merekomendasikan tiga kali makan kaya protein, seperti daging ayam atau ikan dengan porsi besar, dan dua camilan yang kaya protein, seperti segenggam kacang-kacangan setiap hari untuk membantu Anda melawan ngidam gula.

Faktor dehidrasi

Ketahuilah bahwa ngidam gula bisa mengindikasikan sesuatu yang lain, yaitu dehidrasi. "Orang-orang dapat mengartikan haus sebagai lapar atau ngidam gula," kata Kathie.

"Untuk itu Anda perlu mengatasi ngidam gula dengan cara alami, pilih sepotong kecil cokelat hitam atau yoghurt plain.”

(Ayunda Pininta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×