: WIB    --   
indikator  I  

Siapkan uang buat beli emas batangan

Siapkan uang buat beli emas batangan

JAKARTA. Sudah tidak sabar ingin menambah koleksi emas batangan Anda? Kalau ya, silakan mulai berburu sekarang. Analis menilai harga emas batangan produksi Logam Mulia, anak usaha PT Aneka Tambang Tbk (Antam), saat ini sudah cukup murah.

Jumat (16/6) lalu, harga emas Antam turun Rp 2.000 per gram menjadi Rp 588.000 per gram, dengan harga buyback terkikis Rp 3.000 per gram dibanding hari sebelumnya. Bila dihitung dalam sepekan, harga emas Antam anjlok Rp 6.000 per gram dengan harga buyback turun sebesar Rp 9.000 per gram.

Harga emas batangan merosot gara-gara The Federal Reserve menaikkan suku bunganya pekan lalu. Selain menaikkan suku bunga 0,25%, The Fed juga memberi sinyal kuat masih akan menaikkan bunga satu kali lagi tahun ini.

Kondisi ini membuat harga spot emas merosot. "Untuk jangka pendek harga spot emas masih dalam tren bearish," kata Analis Central Capital Futures Wahyu Tribowo Laksono, akhir pekan lalu (16/6). Jumat lalu, harga spot emas kontrak pengiriman Agustus 2017 di Commodity Exchange melorot 1,17% menjadi US$ 1.256,50 per ons troi.

Pelemahan harga spot emas ini otomatis ikut membuat harga emas batangan turun. Wahyu memprediksi harga emas Antam tidak akan bergerak jauh dari rentang Rp 575.000-Rp 600.000 per gram

Deddy Yusuf Siregar, Research & Analyst Asia Tradepoint Futures menambahkan, harga emas Antam juga tertekan kurs rupiah yang cenderung menguat, meski tidak terlalu tinggi. Penguatan kurs rupiah ini membuat valuasi emas spot jadi lebih murah bila dihitung dalam rupiah.

Kurs mata uang Garuda ini masih bakal bergerak di kisaran Rp 13.280-Rp 13.310 per dollar AS beberapa waktu ke depan. Jika awal pekan ini nilai tukar rupiah masih menguat, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk memburu emas. "Saat harga emas Antam sudah turun di bawah level Rp 590.000 per gram seperti saat ini, masyarakat bisa memanfaatkan momentum untuk beli," saran Deddy.


Reporter Namira Daufina
Editor Yudho Winarto

HARGA EMAS HARI INI

Feedback   ↑ x
Close [X]