kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Semester I 2018, penjualan rumah tapak di pinggiran Jakarta masih tumbuh


Rabu, 18 Juli 2018 / 19:01 WIB
Semester I 2018, penjualan rumah tapak di pinggiran Jakarta masih tumbuh
ILUSTRASI. Pembangunan Perumahan di Sentul City


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar properti di pinggiran Jakarta seperti Tangerang, Depok, Bogor dan Bekasi akan semakin menggeliat sejalan dengan pengembangan infrastruktur dan bertambahnya fasilitas-fasilitas baru di wilayah penyangga tersebut.

Data konsultan properti, Jones Lang Lasalle (JLL) menunjukkan, penjualan properti landed house di kawasan township pinggiran Jakarta selama semester I-2018 mengalami peningkatan dibandingkan semester sebelumnya. 

"Jumlah unit yang terjual pada semester I-2018 mengalami peningakan sedikit menjadi sekitar 6.000 unit," kata James Taylor, Head of Research JLL di Jakarta, Rabu (8/7).

Penjualan rumah tapak untuk kawasan township masih didominasi oleh wilayah Kabupaten Tangerang dan didominasi pasar end user. James bilang, sekitar 72% rumah yang dipasarkan pada paruh pertama tahun berada di wilayah tersebut. Adapun tipe hunian yang paling banyak diburu adalah 2 kamar dan 3 kamar dengan harga direntang Rp 600 juta sampai Rp 2 miliar.

Sementara, Vivien Harsanto, Head of Advisory JLL Indonesia mengatakan, geliat properti di wilayah pinggiran Jakarta akan terjadi di kawasan yang didukung oleh infrastruktur atau memiliki pengembangan fasilitas yang memadai.

"Masing-masing greater Jakarta memiliki kekuatan kekhasan masing-masing sehingga tidak bisa disebut mana yang paling bagus. Namun, untuk penyerapan tentu masih ada di wilayah Tangerang karena sudah lebih matang," kata Vivien.

Vivien melihat perkembangan pasar properti di pinggiran Jakarta memang saat ini memang tidak hanya dilihat dari sisi infrastruktur saja. Wilayah Sentul menurutnya semakin bergerak karena didukung oleh penambahan fasilitas. Kehadiran Aeon Mall disana yang sebentar lagi akan beroperasi diperkirakan akan membawa efek bagi industri properti di sana.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×