kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Semen Baturaja terbitkan MTN Rp 400 miliar


Selasa, 20 Februari 2018 / 17:44 WIB
Semen Baturaja terbitkan MTN Rp 400 miliar
ILUSTRASI. Semen Baturaja Tbk (SMBR)


Reporter: Riska Rahman | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) baru saja menerbitkan surat utang jangka menengah alias medium term notes (MTN). Dana hasil penerbitan MTN tersebut akan digunakan untuk keperluan pembayaran terkait pembangunan pabrik baru mereka.

MTN senilai Rp 400 miliar ini memiliki jangka waktu selama tiga tahun dengan bunga flat sebesar 9% per tahun. Untuk menerbitkan MTN ini, SMBR menunjuk BNI Sekuritas selaku lead arranger.

Dana hasil penerbitan MTN ini, menurut Direktur Utama SMBR Rahmad Pribadi, akan digunakan untuk keperluan pembayaran pembangunan pabrik Semen Baturaja II. "Pabrik ini sebenarnya sudah beroperasi sejak tahun lalu, namun kami tinggal melakukan pembayaran saja," ujarnya kepada Kontan.co.d, Selasa (20/2).

Emiten semen pelat merah ini pun lebih memilih menerbitkan MTN untuk mendanai keperluan pembayaran pabrik tersebut. Hal ini lantaran dengan penerbitan MTN ini, SMBR bisa menghemat beban bunga yang cukup besar.

"MTN ini memiliki bunga yang lebih murah, berbeda 45 basis poin dibanding kredit investasi bank," ujarnya kepada KONTAN, Selasa (20/2).

Sebelumnya, di tahun 2016 lalu SMBR telah menerima fasilitas kredit investasi sebesar RP 1,3 triliun dengan bunga 9,45% per tahun. Hingga akhir 2017, kredit investasi yang sudah digunakan untuk pembangunan pabrik Semen Baturaja II telah mencapai Rp 925 miliar. Sehingga dengan penerbitan MTN ini, SMBR bisa menghemat beban bunga hingga Rp 79,5 miliar dibanding kredit investasi.

Adapun SMBR telah memperoleh peringkat idA dari Pefindo untuk MTN ini. Peringkat tersebut, tambah Rahmad, menunjukkan bahwa SMBR memiliki prospek usaha yang bagus dan mendapatkan kepercayaan investor untuk menerbitkan MTN.


*Silakan unduh laporan keuangan PT PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) terbaru di KinerjaEmiten.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×