kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sarana Meditama dapat persetujuan rights issue, ini rencana penggunaan dananya


Kamis, 14 Januari 2021 / 22:12 WIB
Sarana Meditama dapat persetujuan rights issue, ini rencana penggunaan dananya
ILUSTRASI. PT. Sarana Meditama Metropolitan KONTAN/Baihaki/28/6/2019


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) telah mendapat persetujuan atas rencana perseroan untuk melakukan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD/rights issue) kepada para pemegang saham Perseroan melalui mekanisme penawaran umum terbatas dengan HMETD.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Senin (11/1), pemilik Omni Hospitals ini menerbitkan sebanyak-banyaknya 6 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp 20 per lembar saham.

Dana tersebut rencananya akan digunakan oleh Perseroan untuk melunasi sebagian pokok dan bunga serta biaya pinjaman Perseroan dan afiliasi Perseroan kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. "Sisanya akan digunakan Perseroan untuk keperluan modal kerja dan investasi oleh Perseroan dan/atau entitas anak," tulis Manajemen SAME, Senin (14/1).

Setelah adanya transaksi ini, porsi kepemilikan saham EMTEK Grup akan meningkat menjadi 10,24 miliar saham dari sebelumnya 4,24 miliar saham, atau naik menjadi 86,06% dari sebelumnya 71,88%. Sedangkan, sisanya adalah pemegang saham publik sebesar 13,94%.

Baca Juga: Aksi Korporasi Memoles Saham Grup Elang Mahkota (EMTK)

Berdasarkan Surat Pernyataan Kesanggupan dari PT PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) tertanggal 7 Januari 2021, EMTK sanggup untuk melaksanakan seluruh HMETD yang menjadi haknya sesuai porsi bagian kepemilikan saham sebanyak-banyak sebesar 71,88% dari modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan.

Apabila Saham Baru yang ditawarkan dalam Penawaran umum terbatas ini tidak seluruhnya diambil atau dibeli oleh Pemegang Saham Perseroan atau pemegang HMETD yang melakukan pemesanan lebih dari haknya, maka sisa saham baru wajib dibeli oleh Pembeli Siaga yang bertindak sebagai Pembeli Siaga berdasarkan Akta Perjanjian Pembelian Sisa Saham Dalam

Rangka Penawaran Umum Terbatas I SAME Nomor 6, antara Perseroan dan EMTK. Sebelumnya, dalam pengumuman yang disampaikan, emiten pemilik stasiun televisi SCTV, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) mengakuisisi 71,88% saham emiten pengelola rumah sakit Omni Hospitals, PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME).

Transaksi tersebut dilaksanakan pada Senin, 30 November 2020 di mana Grup Emtek membeli 4,24 miliar saham SAME dengan harga Rp 137 per saham. Sehingga, dari akuisis ini, EMTK menggelontorkan dana sebesar Rp 581,01 miliar.

Dengan selesainya Akuisisi tersebut, EMTEK memiliki 4.241.000.000 saham yang mewakili 71,88% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam SAME.

Selanjutnya: Berencana stock split, Elang Mahkota Teknologi (EMTK) kantongi restu pemegang saham

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×