kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham INDX melambung, analis sarankan hati-hati


Selasa, 09 April 2013 / 12:24 WIB
Saham INDX melambung, analis sarankan hati-hati
ILUSTRASI. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,52% ke 6.586,44, Kamis (4/11). IHSG ditopang beberapa saham big cap yang menguat.


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Terkena suspensi dari otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) ternyata tidak membuat kelincahan saham PT Tanah Laut Tbk (INDX) terhenti. Setelah dicabut suspensi, INDX kembali melambung ke zona hijau.

Pada penutupan sesi I, saham INDX berada di level 430. Level ini naik 80 poin, atau sekitar 22,86% dibanding penutupan kemarin.

Analis menilai, jika harga saham suatu emiten naik tinggi, diperkirakan emiten tersebut akan melakukan aksi korporasi. "Tapi kami sendiri belum tahu aksi apa yang dilakukan perusahaan," jelas Hendra Martono, analis Henan Putihrai Asset Management, kepada KONTAN, Selasa (9/4).

Lebih lanjut Hendra menjelaskan, secara teknikal, saham INDX menyentuh fase break out di level 300 dengan target 490. Sementara posisi saat ini, INDX berada di level 430. Artinya, target berikutnya berada di levelĀ  520.

Terkait dengan kenaikan saham INDX, Hendra mengimbau agar para investor berhati-hati. Menurutnya, nilai transaksi saham ini sangat kecil, hanya sekitar Rp 1 miliar per hari. Meski sempat menyentuh level tertinggi pada awal bulan ini, namun nilainya hanya sebesar Rp 2,27 miliar per hari.

"Makanya saham ini sebenarnya riskan. Jika sudah punya (saham INDX), mending ditahan dulu. Tapi kalau belum, lebih baik dioertimbangkan lagi karena saham ini kurang likuid," pungkas Hendra.

Reza Priyambada, Kepala Riset Trust Securities, memiliki pandangan lain. Menurutnya, saham yang terkena suspensi ketika sedang mengalami kenaikan, maka hasil akhir setelah pencabutan suspensi akan seperti itu.

"Dia masih melanjutkan sisa kenaikan kemarin," ujar Reza. Hanya saja, kenaikannya sudah tidak selincah seperti periode sebelumnya.

Reza menambahkan, ada kemungkinan saham ini akan terus mengalami kenaikan pada sesi dua nanti apalagi jika ada sentimen positif dari INDX. "Soalnya, dari sisi volume masih cukup besar dan masih banyak pihak yang ingin bertransaksi. Kinerja keuangan mereka juga oke," jelasnya.

Sepanjang tahun 2012 lalu, INDX sukses meraup laba bersih Rp 12,16 miliar. Bandingkan dengan perolehan laba bersih perusahaan tahun sebelumnya Rp 204,98 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×