kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham EMTK dan SAME sedang uptrend, silakan cermati rekomendasi sahamnya


Minggu, 13 Desember 2020 / 17:18 WIB
Saham EMTK dan SAME sedang uptrend, silakan cermati rekomendasi sahamnya
ILUSTRASI. Saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) menguat hingga dua digit selama sepekan terakhir.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) menguat hingga dua digit selama sepekan terakhir. Mengutip data RTI Business, pada Jumat (11/12), saham emiten yang bergerak di sektor periklanan, printing, dan media itu naik 35,29% dalam sepekan terakhir menjadi Rp 11.500 per saham.

Analis Panin Sekuritas Indonesia William Hartanto menjelaskan, penguatan harga saham itu masih terkerek oleh aksi akusisi yang dilakukan EMTK terhadap PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME).

Asal tahu saja pada 30 November 2020, EMTK resmi mencaplok saham SAME, emiten pemilik rumahsakit (RS) Omni. EMTK mengakuisisi 4,24 miliar lembar atau setara 71,88% saham SAME. Nilai total transaksi tersebut mencapai Rp 581 miliar atau setara 137 per saham. Adapun saham itu dibeli dari PT Omni Health Care yang berstatus sebagai pengendali SAME.

Tidak hanya berdampak pada harga saham EMTK, akuisisi ini juga mempengaruhi terhadap pergerakan saham SAME yang meningkat drastis 49,04% dalam sepekan. Mengutip data RTI Buiness, harga saham SAME  berada di Rp 310 per saham pada Jumat (11/12).

Baca Juga: Elang Mahkota (EMTK) gelontorkan Rp 582 miliar akuisisi saham Sarana Meditama (SAME)

"Sentimen pertama memang dari akuisisi. Selebihnya karena tren menguatnya belum berakhir, sehingga lebih membangun optimisme pelaku pasar," jelas William ketika dihubungi Kontan.co.id, Minggu (13/12).

Ia melanjutkan, harga saham EMTK masih membuka peluang penguatan hingga ke Rp 13.000 per saham. Sementara, harga saham SAME berpeluang menuju level Rp 360 per saham. Oleh karenanya, investor masih bisa buy kedua saham itu. Hanya saja investor disarankan masuk saat momen koreksi, sebab uptrend masih bisa berlangsung hingga akhir tahun.

Asal tahu saja, harga saham anak usaha EMTK yakni PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) juga terkerek sepekan terakhir. Namun, William mengamati penguatan ini tidak terdorong oleh sentimen yang sama.  

"Ada sentimen dari aksi buy back dan pertumbuhan kinerja keuangan yang stabil semasa pandemi," imbuhnya.

Baca Juga: Surya Citra Media (SCMA) mengantongi fasilitas pinjaman Rp 1,5 triliun




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×