kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rupiah loyo lagi, tarif paket wisata outbound langsung naik


Senin, 04 Juni 2018 / 22:36 WIB
Rupiah loyo lagi, tarif paket wisata outbound langsung naik
ILUSTRASI. Agen Perjalanan Bayu Buana


Reporter: Nur Pehatul Janna | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kondisi rupiah yang sempat anteng di kisaran Rp 14.000 per dollar Amerika Serikat (AS) dalam beberapa pekan ini sempat membuat pebisnis biro wisata khawatir. Untunglah, pada penutupan perdagangan Senin kemarin (4/6), mata uang Garuda kita kembali menguat ke posisi Rp 13.800-an per dollar AS.

Tapi, bila rupiah ke depannya, kembali lagi loyo dan menyentuh angka di kisaran Rp 14.000 per dollar AS, tidak tertutup kemungkinan para biro wisata akan mengerek harga paket wisata. Salah satunya PT Bayu Buana Tbk.

Agustinus Pake Seko, Direktur Utama PT Bayu Buana Tbk memastikan pihaknya bakal menaikkan paket wisata untuk tujuan luar negeri (outbound) bila kondisi rupiah masih terus bertengger di posisi Rp 14.000 per dollar AS. "Kami tidak khawatir dengan jumlah pendapatan, sebab liburan kini sudah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat Indonesia," katanya kepada KONTAN, Senin (4/6).

Pihaknya berencana mengerek paket wisata outbound sekitar 15% dari sebelumnya. Namun, ia tidak merinci kapan kenaikan paket wisata ke luar negeri tersebut bakal diterapkan.

PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) juga tengah mempertimbangkan menaikan paket wisata ke luar negeri. Namun, menurut Karsono, Sekretaris Perusahaan PT Panorama Sentrawisata Tbk, pihaknya tetap bakal memperhatikan pelayanan ke para konsumen bila nantinya jadi mengerek paket wisata outbound.  "Terkait melemahnya rupiah, kami akan mempertimbangkan sebelum membuat keputusan," katanya kepada KONTAN.

Lantaran masih melihat perkembangan kondisi pasar, Panorama masih belum bisa membeberkan besaran kenaikan paket wisata ke luar negeri. Intinya, bila paket naik bisa memberi win-win solution bagi konsumen serta Panorama sendiri.

Adapun paket outbound yang masih jadi incaran pelancong lokal adalah di Asia Timur hingga Eropa.               

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×