kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Return Ashmore Dana USD Equity Nusantara capai 25,19% dalam setahun


Selasa, 06 Maret 2018 / 21:38 WIB
Return Ashmore Dana USD Equity Nusantara capai 25,19% dalam setahun
ILUSTRASI. Ilustrasi Reksadana Dolar


Reporter: Dimas Andi | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Walau jumlahnya masih tergolong minim, reksadana berdenominasi dollar Amerika Serikat masih menarik dari segi kinerja. Salah satu reksadana dollar AS berkinerja terbaik adalah Ashmore Dana USD Equity Nusantara (ADUEN).

Mengutip Infovesta Utama, reksadana ADUEN memiliki imbal hasil secara year on year (yoy) hingga 5 Maret 2018 sebesar 25,19%. Reksadana ini menduduki peringkat pertama produk reksadana berdenominasi dollar AS berkinerja terbaik di Indonesia.

Head of Sales and Distribution PT Ashmore Asset Management Indonesia, Steven Satya Yudha mengatakan, reksadana ADUEN fokus pada investasi saham yang terdapat di bursa saham Indonesia. “Porsi saham kami mencapai 80%,” katanya, Selasa (6/3).

Steven menyebut, dalam beberapa bulan terakhir pihaknya fokus pada saham-saham di sektor pertambangan, konstruksi, properti, perbankan, hingga konsumsi. Hal ini mengingat kelima sektor tersebut memiliki potensi kinerja yang apik sepanjang tahun ini.

Ashmore juga tergolong selektif dalam memilih efek saham untuk reksadana ADUEN. “Filosofi kami selalu mengutamakan fundamental emiten dan kolaborasi antara saham berkapitalisasi besar maupun kecil,” kata Steven.

Kendati begitu, reksadana ADUEN tidak lepas dari risiko kerugian kurs, ketika tren pelemahan rupiah terjadi belakangan ini. Gejolak di pasar saham juga berpotensi mengurangi imbal hasil reksadana tersebut.

Oleh karena itu, Steven mengungkapkan, pihaknya cenderung lebih defensif dengan menghindari saham-saham yang berisiko tinggi terhadap koreksi pasar saham, termasuk koreksi rupiah. Selain itu, porsi kas atau pasar uang dalam denominasi dollar AS juga akan ditingkatkan demi menjaga likuiditas reksadana ADUEN.

Di akhir tahun nanti, Steven menargetkan reksadana ADUEN mampu memperoleh imbal hasil di atas indeks acuannya, yaitu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×