kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

RELI bidik transaksi margin Rp 40 miliar per hari


Selasa, 14 Maret 2017 / 20:02 WIB
RELI bidik transaksi margin Rp 40 miliar per hari


Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Reliance Securities Tbk (RELI) menargetkan nilai transaksi margin yang lebih tinggi pada tahun ini. Agung Kameswara, Direktur RELI mengatakan, tahun ini, nilai transaksi margin perseroan bisa mencapai Rp 40 miliar per hari.

Jumlah itu naik dua kali lipat dari nilai transaksi margin yang sebesar Rp 20 miliar per hari pada tahun lalu. Menurutnya, kenaikan ini disebabkan adanya penertiban rekening reguler yang diberlakukan sejak Maret tahun ini.

Bursa Efek Indonesia (BEI) memang meminta Anggota Bursa agar mengembalikan transaksi reguler ke status awal, yakni transaksi wajib diselesaikan pada T+3. BEI juga melarang pemberian fasilitas early settlement di rekening reguler atas transaksi di pasar reguler.

"Ada pengetatan transaksi reguler yang penyelesaiannya ditunda atau menggunakan T Plus. Sehingga, kami mengimbau agar nasabah tidak melakukan hal ini lagi," ujarnya, Selasa (14/3).

Jika nasabah masih melakukan transaksi tersebut, maka pihaknya bisa memberikan sanksi pinalti dengan bunga yang cukup tinggi.

Dengan adanya perluasan transaksi margin, harapannya nasabah yang menggunakan fasilitas T Plus bisa menggunakan rekening margin untuk mendapat pembiayaan (financing) sesuai dengan aturan bursa.

"Kami mendukung aturan bursa. Dan memberikan bunga margin yang rendah, sekitar 18% per tahun. Tetapi bunga ini bisa berubah-ubah. Kalau di reguler bisa kena 36% per tahun," ujarnya.

Mulai Februari lalu, BEI juga sudah memperluas fasilitas transaksi margin. Investor bisa menggunakan fasilitas margin atas 180 efek melalui broker dengan Modal Kerja Disesuaikan Bersih (MKBD) di atas Rp 250 miliar.

Sementara AB yang memiliki MKBD di bawah Rp 250 miliar hanya boleh bertransaksi margin di saham-saham LQ45. RELI pun masih mempertimbangkan untuk meningkatkan nilai MKBD perseroan. Saat ini, MKBD perseroan sebesar Rp 78,95 miliar.

Hingga Kuartal III 2016 laba RELI naik 29% menjadi Rp 34,4 miliar, dibandingkan periode sama di 2015 sebesar Rp 26,6 miliar. Hal ini seiring dengan meningkatnya pendapatan usaha sebesar 15% dari Rp 70,2 miliar menjadi Rp 81 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×