: WIB    —   
indikator  I  

Rating dari S&P jadi obat kuat rupiah sore ini

Rating dari S&P jadi obat kuat rupiah sore ini

JAKARTA. Kabar teranyar dari Standard & Poor's menjadi obat kuat bagi rupiah pada sore hari ini (19/5). Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, pada pukul 15.40 WIB, mata uang Garuda berhasil menguat 0,23% menjadi 13.324. Kemarin, rupiah ditutup pada level 13.356.

Asal tahu saja, hari ini, Standard and Poor's (S&P) akhirnya menaikkan peringkat surat utang Indonesia menjadi layak investasi, Jumat (19/5).

Dalam situs resminya, S&P menaikkan rating surat utang rupiah dan valuta asing bertenor jangka panjang (long term) menjadi BBB-, dari sebelumnya BB+.

S&P mempertahankan outlook positif. Sedangkan rating surat utang jangka pendek atau short term direvisi ke atas juga menjadi A-3.

Aksi S&P ini menjadi vitamin bagi rupiah. Sebab, pagi tadi, rupiah sempat melemah terimbas ketidakstabilan politik di kawasan Amerika dan Brasil. Rupiah telah melewati Rp 13.400 per dollar AS, level terlemah dalam empat bulan terakhir.

Di pasar antarbank, Jakarta Interbank Spot Dollar Rate pagi ini menyentuh Rp 13.410 per dollar AS. Kemarin, rupiah masih diperdagangkan di Rp 13.343 per dollar AS.

Pelemah rupiah di pasar spot sempat ke Rp 13.420 per dollar AS. Ini merupakan level terlemah rupiah sejak 5 Januari. Tapi, pelemahan berkurang ke Rp 13.397 per dollar AS pukul 10:48 WIB.

 


Reporter Barratut Taqiyyah Rafie
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

RUPIAH HARI INI

Feedback   ↑ x