kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PUPR berikan bantuan bagi pengembang rumah rakyat


Senin, 21 Agustus 2017 / 22:20 WIB
PUPR berikan bantuan bagi pengembang rumah rakyat


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) kepada pengembang yang membangun perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Alokasi anggaran untuk program bantuan ini, maksimal Rp 6,2 juta per unit. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas lingkungan perumahan MBR.

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyediaan Perumahan Kementerian Pupera, Dadang Rukmana meninjau salah satu lokasi penerima bantuan PSU di perumahan Pesona Bukit Bintang, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat akhir pekan lalu (18/8). Perumahan yang berada di desa Tangsi Mekar ini memiliki 2.000 unit rumah dan luas lahannya sekitar 26 hektare (ha). Sebanyak 200 unit rumah mendapatkan bantuan PSU.

“Untuk menghadirkan rumah layak huni bagi masyarakat, kami memberikan kemudahan dan fasilitas bagi pengembang selaku mitra kerja kami dalam membangun rumah bagi masyarakat melalui bantuan PSU. Sementara untuk konsumen, kami menyediakan bantuan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP),” kata Dadang dalam keterangan tertulis, Senin (21/8).

Dadang menjelaskan, bantuan diberikan dalam bentuk stimulan untuk meningkatkan semangat pengembang dalam mendukung program satu juta rumah. Bantuan stimulan ini sekaligus mampu meningkatkan kenyamanan masyarakat untuk tinggal dengan kemudahan akses jalan, air bersih dan listrik.

“Diharapkan adanya bantuan stimulan PSU tidak hanya memberikan semangat bagi para pengembang saat ini saja, melainkan untuk seterusnya pihak pengembang berkomitmen dalam menyediakan rumah layak huni bagi masyarakat,” ungkap Dadang.

Sementara, pihak pengembang, Direktur Utama PT Bangun Bintang Berderet, Wedha Wardhana mengungkapkan, bantuan PSU yang diberikan kepada perumahan dialokasikan untuk pembangunan jalan serta peningkatan kualitas material pembangunan rumah seperti penggunaan rangka baja ringan, serta kusen berbahan aluminium.

"Melalui penggunaan material tersebut, rumah dengan rangka baja ringan dan kusen alumunium memiliki konstruksi yang kuat serta tahan lama. Selain itu, bantuan PSU berupa jalan di area Perumahandan menggunakan paving block berfungsi mendukung penyerapan air," tandas Wedha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×