kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Proyek infrastruktur marak, prospek Wijaya Karya Beton (WTON) kian kokoh


Selasa, 24 September 2019 / 19:41 WIB
Proyek infrastruktur marak, prospek Wijaya Karya Beton (WTON) kian kokoh
ILUSTRASI. Prospek Wijaya Karya Beton (WTON) diuntungkan dengan proyek infrastruktur yang makin marak.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pelat merah PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON, anggota indeks Kompas100) terus berupaya menambah nilai kontrak baru. Masih gencarnya pemerintah dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur dapat menjadi katalis positif bagi prospek bisnis WTON.

Sebagai catatan, WTON telah mengantongi kontrak baru sebesar Rp 2,72 triliun di semester pertama 2019 lalu. Jumlah ini masih di bawah kontrak baru di periode sama di tahun lalu yang sebesar Rp 3,13 triliun.

Menurut Analis Samuel Sekuritas Indonesia Selvi Ocktaviani, perlambatan nilai kontrak baru WTON lebih disebabkan efek kelangsungan pemilu lalu yang membuat beberapa tender proyek infrastruktur mundur dari jadwal semula.

Baca Juga: Ibu kota negara pindah ke Kalimantan Timur, emiten ini dapat untung

Ia mencatat, perolehan kontak baru WTON kembali tumbuh menjadi Rp 4,3 triliun per Agustus 2019. Namun, angka ini baru memenuhi 47% dari target yang dicanangkan perusahaan sebesar Rp 9,1 triliun hingga akhir tahun nanti.

Potensi WTON untuk sekadar memenuhi target kontrak baru terbilang sulit mengingat tahun 2019 tinggal menyisakan beberapa bulan saja. “Kami proyeksikan pencapaian kontrak baru WTON di tahun 2019 sekitar 90% dari target awal perusahaan,” terang dia, Selasa (24/9).

Analis Mirae Asset Sekuritas Joshua Michael menilai prospek bisnis WTON bakal cerah karena permintaan beton pracetak masih akan tinggi di tahun-tahun mendatang.

Dalam risetnya per 16 September, Joshua menyebut, Kementerian PUPR masih memiliki 15 proyek jalan tol yang akan ditargetkan selesai di periode tahun 2020—2024. Kementerian Perhubungan juga memiliki banyak pipeline proyek di periode yang sama. Mulai dari pembangunan jalur kereta api di Kalimantan Timur, MRT Jakarta Fase II, LRT Jakarta Fase II, LRT Jabodebek Fase II, dan Jakarta Elevated Loop Line.

Baca Juga: Wijaya Karya Tbk (WIKA) berencana melepas 6 juta saham treasuri tahun ini

Banyaknya proyek infrastruktur tersebut sejalan dengan meningkatnya anggaran bagi kedua kementerian tersebut di tahun depan. “Proyek infrastruktur secara historis berkontribusi 65%--70% dari total pendapatan WTON,” tulis Joshua.

Selanjutnya, rekomendasi saham WTON




TERBARU

[X]
×