kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbesar Kepemilikan Saham di REA Kaltim Jadi 35%, Ini Rencana Dharma Satya (DSNG)


Jumat, 15 Maret 2024 / 07:05 WIB
Perbesar Kepemilikan Saham di REA Kaltim Jadi 35%, Ini Rencana Dharma Satya (DSNG)
ILUSTRASI. Perkebunan kelapa sawit?PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) melalui anak usahanya PT Agro Pratama, meningkatkan kepemilikan saham Perseroan di PT REA Kaltim Plantations (REA Kaltim) menjadi 35% melalui Share Subscription Agreement (SSA) yang telah disepakati pada tanggal 8 Maret 2024.

Sebelumnya, DSNG melakukan investasi atas kepemilikan saham REA Kaltim sebanyak 15% pada 16 Mei 2016 melalui anak usaha, yakni PT Swakarsa Sinarsentosa dan PT Agro Pratama.

Baca Juga: Ini Penyebabnya Laba Dharma Satya Nusantara (DSNG) Terkoreksi pada Tahun 2023

REA Kaltim merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri kelapa sawit, yang berfokus pada usaha budidaya kelapa sawit hingga produksi minyak mentah dan inti kelapa sawit.

Beroperasi di Kalimantan Timur, REA Kaltim memiliki total luasan sekitar 35.000 hektare dengan fasilitas PKS atau pabrik kelapa sawit mencapai 240 ton per jam dan dua pabrik penangkap gas metan.

 

Jenti Widjaja, Chief Financial Officer DSNG mengatakan, dengan kepemilikan saham DSNG sebesar 35% di REA Kaltim, diharapkan segmen bisnis kelapa sawit DSNG akan terus bertumbuh, khususnya meningkatkan laba perusahaan pada masa yang akan datang. 

Baca Juga: Dharma Satya Nusantara (DSNG) Siapkan Belanja Modal Rp 800 Miliar

"Selain itu, peningkatan kepemilikan saham juga akan memperkuat posisi kemitraan dan kolaborasi kedua belah pihak, termasuk dan namun tidak terbatas pada bidang agronomi, pengolahan kelapa sawit, peremajaan kebun kelapa sawit (replanting) serta praktik keberlanjutan (sustainability)," jelas Jenti dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Kamis (14/3).

Jenti menambahkan, kenaikan kepemilikan saham DSNG di REA Kaltim akan memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak, khususnya praktik keberlanjutan karena baik DSNG maupun REA Holding (perusahaan induk REA Kaltim) merupakan pelaku usaha yang bergerak dalam industri kelapa sawit yang berkelanjutan (sustainable palm oil) di Indonesia.

Baca Juga: Dharma Satya (DSNG) Lihat Potensi Bisnis Lebih Prospektif pada 2024, Ini Pendorongnya

Pada 2023, REA Holding dan DSNG masing-masing menduduki peringkat 12 dan 10 dari 100 perusahaan produsen, pengolah, dan berbagai perusahaan dagang termasuk minyak kelapa sawit yang dinilai secara independen oleh Sustainability Policy Transparency Toolkit (SPOTT) berdasarkan keterbukaan terhadap organisasi, kebijakan, dan pelaksanaan ESG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×