: WIB    —   
indikator  I  

Perbaikan data AS dorong penguatan greenback

Perbaikan data AS dorong penguatan greenback

JAKARTA. Sajian data Amerika Serikat (AS) yang membaik semakin mengokohkan posisi greenback. Dollar AS tercatat mengalami penguatan di hadapan euro yang kondisi ekonominya tengah memburuk. Mengutip Bloomberg, pada penutupan perdangan Jumat (17/3) pasangan EUR/USD juga melemah 0,26% ke level 1,0738.

Menanggapi pelemahan pasangan mata uang EUR/USD, Nizar Hilmy, analis PT SoeGee Futures mengatakan koreksi ini terjadi karena data ekonomi yang memburuk. Neraca perdagangan kawasan Uni Eropa tercatat melemah dari posisi bulan Januari lalu yang menembus 23,1 juta euro. Di bulan Februari pencapaiannya hanya sebesar 15,7 juta euro atau lebih rendah dari ekspektasi ekonomi di level 22,3 juta euro.

“Ditambah lagi indeks kepercayaan konsumen AS juga sedang tumbuh. Ini semakin mendorong terjadinya koreksi,” ungkap Nizar kepada Kontan, akhir pekan ini.

Survei yang dilakukan oleh University of Michigan (UoM) menunjukkan di bulan Maret, indeks kepercayaan konsumen AS meningkat menembus level 97,6. Angka ini meningkat dari capaian bulan Februari yang hanya berada di level 96,3.

Padahal sebenarnya saat ini, greenback juga masih diselimuti sentimen negatif akibat pernyataan dowfish pejabat The Fed saat pengumuman kenaikan suku bunga pada akhir pekan lalu. Bahkan pada penutupan perdagangan Jumat (17/3) indeks dollar AS pun masih mengalami koreksi 0,06% ke level 100,3.

Sebelum akhirnya terkoreksi, pasangan EUR/USD ini sempat mengalami penguatan di tengah sesi dan menembus level 1,0777. Hasil pemilu di Belanda yang menyatakan keunggulan PM Belanda Mark Rutte atas kandidat asal partai kebebasan Greets Wilders membuat kekhawatiran pasar mereda. Sikap Wilders yang dikenal anti Islam sempat menimbulkan kecemasan unggulnya kubu populis di Eropa.


Reporter RR Putri Werdiningsih
Editor Barratut Taqiyyah

RATE DOLLAR

Feedback   ↑ x
Close [X]