kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendapatan tertekan, Kabelindo Murni (KBLM) revisi target tahun ini


Rabu, 28 Oktober 2020 / 17:58 WIB
Pendapatan tertekan, Kabelindo Murni (KBLM) revisi target tahun ini
ILUSTRASI. Buruh menarik kabel Kabelindo Murni Tbk KBLM untuk diangkut ke dalam truk di kawasan Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, Rabu (16/9/2015).


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pagebluk Covid-19 turut menekan kinerja PT Kabelindo Murni Tbk (KBLM).  Emiten kabel ini membukukan pendapatan senilai Rp 657,96 miliar, turun 20,5% secara tahunan dari pendapatan di periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp 827,89 miliar.

Direktur Kabelindo Murni, Petrus Nugroho, menilai, di kuartal keempat ini pasar kabel dalam negeri masih akan belum pulih. KBLM akan memasang mode bertahan (survive) di tengah kelesuan permintaan kabel.

“Sebenarnya semua (sektor) mengalami penurunan. Kuartal ke keempat dengan susah payah kami akan survive dulu, pasar belum membaik,” ujar Petrus kepada Kontan.co.id, Rabu (28/10).

Baca Juga: Pasar kabel lesu, pendapatan Kabelindo Murni (KBLM) turun 20,5% di kuartal III 2020

Dus, KBLM memutuskan untuk memangkas target pendapatan tahun ini sebesar 20% dari target awal yang dipasang, yakni  sebesar Rp 1,2 triliun.

Dus, dengan estimasi pemangkasan target tersebut, proyeksi pendapatan KBLM tahun ini ada di kisaran Rp 960 miliar.

Namun, tahun depan, seiring dengan rencana penambahan anggaran pemerintah di bidang infrastruktur, Petrus optimis pasar kabel akan pulih dan KBLM bisa memaksimalkan kapasitas produksi.

Sebelumnya, Petrus mengatakan KBLM akan tetap fokus pada penjualan ke sektor swasta yang selama ini mendominasi penjualan, yakni 60% sampai 70% dari total penjualan.

Sebagai upaya mempertahankan bisnisnya, KBLM akan meningkatkan penjualan ke pasar bebas, dan  juga proyek pemerintah dari non Perusahaan Listrik Negara (PLN) seperti BUMN lainnya. Selain itu, KBLM juga meningkatkan penjualan ke proyek pertambangan.

Selanjutnya: KBLM dan VOKS lakukan diversifikasi target pasar dan produk untuk bertahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×