kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pembangunan BTS XL Axiata akan lebih banyak menggunakan sewa


Senin, 12 Februari 2018 / 16:46 WIB
Pembangunan BTS XL Axiata akan lebih banyak menggunakan sewa
ILUSTRASI. XL Center - PT XL Axiata Tbk


Reporter: Klaudia Molasiarani | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) tahun ini akan fokus mengembangkan jaringan 4G LTE. Alhasil, perusahaan berkode saham EXCL di Bursa Efek Indonesia (BEI) itu berencana untuk membangun hingga 5.000 tower pada tahun ini.

Rahmadi Mulyonohartono, Group Head Commercial LTE PT XL Axiata Tbk mengatakan, pihaknya tidak secara spesifik memperhitungkan beberapa tower yang akan disewa dan berapa pula yang akan dibangun sesuai kebutuhan.

"Dua-duanya ada. Kalau ada yang bisa disewa akan lebih cepat. Kalau belum ada ya harus built to suit," ujar Rahmadi Mulyohartono, Group Head Commercial LTE PT XL Axiata Tbk saat dihubungi KONTAN.co.id, Senin (12/2). Yang jelas, Rahmadi bilang, pembangunan tower pada tahun ini akan lebih banyak pada menggunakan tower-tower sewa.

XL Axiata menargetkan pembangunan tower mikro maupun makro dengan total 5.000 tower pada tahun ini. Namun begitu, persentase pembangunan tower makro kata dia masih lebih mendominasi. Maklum, pihaknya masih fokus memperluas jaringan.

Sebagai gambaran, tahun lalu perseroan ini membangun sekitar 5.000 tower. Dari jumlah tersebut, baru 3.000 tower yang sudah selesai dibangun. Membangun tower secara mandiri, khususnya di daerah-daerah memiliki tantangan tersendiri, khususnya yang berkaitan dengan persoalan perizinan.

Tak hanya itu, perusahaan ini pun memiliki rencana untuk membangun hingga 16.000 base transceiver station (BTS), sejalan dengan rencananya yang akan mengembangkan layanan 4G LTE. Nantinya, pembangunan BTS tersebut sebagian besar atau 60% akan dilakukan di luar Jawa.

Informasi saja, hingga akhir Desember lalu, XL Axiata sudah memiliki sekitar 101 BTS yang sebagian besar atau sekitar 65% merupakan layanan 3G dan 4G. Sementara 35% merupakan BTS dengan layanan 2G.

Dengan alokasikan belanja modal Rp 7 triliun tahun ini, sekitar 70% digunakan untuk pembangunan BTS. Berdasarkan catatan Kontan.co.id, hingga kuartal III/2017, jumlah pelanggan XL Axiata sudah mencapai 52,5 juta pelanggan dengan komposisi 70% pelanggan sudah menggunakan smartphone.

Dari total 70% tersebut, ada sekitar 24 juta pelanggan yang sudah menggunakan jaringan 4G LTE. XL pun menargetkan jumlah pelanggan 4G LTE sampai akhir tahun nanti bisa mencapai 70% dari total pelanggan dengan melakukan migrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×