kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo turunkan peringkat Semen Baturaja (SMBR) jadi idA-


Minggu, 15 November 2020 / 13:38 WIB
Pefindo turunkan peringkat Semen Baturaja (SMBR) jadi idA-
ILUSTRASI. Pefindo turunkan peringkat Semen Baturaja (SMBR) jadi idA-


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) dan Medium-Term Notes (MTN) I Tahun 2018 Rp 400 miliar dari idA menjadi idA- dengan prospek stabil. Surat utang ini jatuh tempo pada 23 Februari 2021.

Pefindo menyebut, penurunan peringkat merefleksikan leverage keuangan perusahaan yang akan tetap tinggi dalam jangka pendek sampai menengah, sebagai dampak dari penurunan pendapatan di tengah kondisi oversupply yang berkepanjangan.

"Di September 2020, leverage SMBR, diukur dengan debt to EBITDA meningkat menjadi 7,4x, sedangkan EBITDA to interest perusahaan juga melemah menjadi 1,3x," kata Pefindo, Kamis (12/11).

Proyeksi ini sudah memasukkan rencana perusahaan untuk melunasi MTN menggunakan repackaging fasilitas sindikasi baru dengan BNI fase II sebesar Rp 480 miliar pada awal Februari 2021.

Baca Juga: Penjualan semen diperkirakan baru membaik tahun depan

Obligor dengan peringkat idA memiliki kemampuan yang kuat dibandingkan obligor lain untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang. Walaupun kemampuan obligor mungkin mudah terpengaruh karena memburuknya kondisi ekonomi.

Adapun tanda kurang (-) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif lemah dan di bawah rata-rata kategori yang bersangkutan. Peringkat juga mencerminkan posisi pasar perusahaan dan fleksibilitas keuangan yang kuat serta profitabilitas yang baik.

Namun peringkat tersebut dibatasi oleh struktur permodalan yang moderat, proteksi arus kas yang memadai, dan konsentrasi geografis yang tinggi di Sumatra bagian selatan. Peringkat dapat dinaikkan jika perusahaan dapat memperkuat posisi pasar dan meningkatkan struktur permodalan ke tingkat konservatif.

Baca Juga: Tak beri keuntungan, RIG Tenders (RIGS) stop operasional anak usahanya di Singapura




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×