kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,70   -13,79   -1.49%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo nilai outlook utang Medco negatif


Rabu, 18 Mei 2016 / 19:07 WIB
Pefindo nilai outlook utang Medco negatif


Reporter: Dina Farisah | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Medco Energi International Tbk (MEDC) meraih peringkat A+ dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Namun, outlook Medco dinilai negatif.

Niken Indriarsih, analis PT Pemeringkat Efek Indonesia mengatakan, pihaknya menyematkan peringkat A+ atas perusahaan dan juga untuk obligasi III tahun 2012, PUB I tahun 2013 dan tahun 2013 serta PUB berdenominasi USD I tahun 2011 dan tahun 2012. Periode pemeringkatan ini berlaku sejak 22 April 2016 hingga 1 April 2017.

Niken bilang, ada beberapa faktor yang mendukung Medco layak mendapatkan peringkat ini. Pertama, posisi likuiditas yang kuat. Faktor kedua, aset yang terdiversifikasi. Pertimbangan lainnya yaitu cadangan minyak dan gas yang baik.

Namun, Pefindo juga memberikan catatan penting kepada Medco yang berpotensi menghambat peringkatmya.

“Struktur permodalan Medco relatif agresif di tengah tertekannya harga minyak. Oleh karena itu, utang Medco diprediksi meningkat,” ujar Niken, Rabu (18/5).

Faktor lainnya yang turut membatasi peringkat Medco yaitu potensi arus kas yang moderat dan risiko-risiko terkait industri minyak dan gas. Pefindo menilai, tingginya biaya eksplorasi juga menjadi beban bagi Medco.

Ke depannya, Pefindo memberikan outlook negatif terhadap Medco. Hal ini untuk mengantisipasi semakin agresifnya struktur permodalan dan proteksi arus kas secara berkelanjutan jika harga minyak dan gas tetap rendah, sementara utang meningkat.

Peringkat dapat diturunkan apabila utang perusahaan lebih tinggi dari yang diproyeksikan. Tentunya hal ini diimbangi dengan profil bisnis yang lebih kuat yang dapat melemahkan struktur permodalan dan proteksi arus kas secara berkelanjutan.

Medco juga berpotensi dipangkas peringkatnya jika harga minyak dan gas terus menurun, sehingga menyebabkan rasio utang terhadap EBITDA lebih dari 5 kali secara berkelanjutan. Pefindo berpeluang merevisi outlook menjadi stabil apabila Medco mampu memperbaiki struktur permodalan dan proteksi arus kas secara berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×