kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasca divestasi, Vale Indonesia (INCO) buka opsi sinergi dengan BUMN tambang lain


Rabu, 26 Agustus 2020 / 17:28 WIB
Pasca divestasi, Vale Indonesia (INCO) buka opsi sinergi dengan BUMN tambang lain
ILUSTRASI. Holding pertambangan badan usaha milik negara (BUMN), yakni Mining Industry Indonesia (MIND ID) tinggal selangkah lagi menguasai 20% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Adapun transaksi penjualan saham INCO ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2020.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Holding pertambangan badan usaha milik negara (BUMN), yakni Mining Industry Indonesia (MIND ID) tinggal selangkah lagi menguasai 20% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Adapun transaksi penjualan saham INCO ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2020.

Bernardus Irmanto, Direktur Keuangan Vale Indonesia  mengatakan, divestasi 20% saham INCO memberi nuansa baru kepada perusahaan produen nikel tersebut. Dengan adanya divestasi ini pun, INCO membuka opsi bersinergi dengan BUMN tambang lain, seperti dengan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang sama-sama memproduksi nikel.

Sebelumnya, kepada Kontan.co.id , Bernardus mengatakan, opsi sinergi antara INCO dengan ANTM bisa saja terjadi. Hal ini karena INCO berencana untuk membangun high pressure acid leaching process (HPAL) di Pomalaa.  Sementara itu, ANTM telah memiliki infrastruktur di sana. Dus, kemungkinan sinergi bisa saja dijajaki oleh kedua belah pihak.

Baca Juga: Pembangunan tanur 4 ditunda, Vale Indonesia (INCO) naikkan target produksi tahun ini

Setelah adanya divestasi ini juga,  MIND ID juga akan memiliki perwakilan dewan komisaris dan direksi di dalam tubuh INCO. Namun, masuknya MIND ID ke struktur INCO tidak mengubah rencana strategis yang telah disusun oleh INCO.  Dari hasil koordinasi, rencana yang akan dilakukan MIND ID pun masih selaras dan sejalan dengan INCO.

“Selain itu, masuknya MIND ID juga memperkuat hubungan dengan stakeholder khususnya pemerintah. Kami ingin menjadi partner terpercaya bagi pemerintah,” ujar Bernardus. 

Setelah transaksi  divestasi kelar, kepemilikan saham INCO akan berubah menjadi Vale Canada Limited (VCL) sebesar 44,3%, MIND ID sebesar 20%, Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM) sebanyak 15%, dan kepemilikan publik sebanyak 20,7%.

Baca Juga: Tak minat akuisisi dalam waktu dekat, MIND ID fokus kerjakan proyek hilirisisasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×