INVESTASI
Berita
Panen kedelai turun, harga CPO mulai naik

HARGA CPO

Panen kedelai turun, harga CPO mulai naik


Telah dibaca sebanyak 1322 kali
Panen kedelai turun, harga CPO mulai naik

KUALA LUMPUR. Harga minyak kelapa sawit naik untuk pertama kalinya dalam empat hari terakhir. Kenaikan harga dipicu proyeksi turunnya panen kedelai di Amerika Serikat (AS) akibat cuaca kering.

Sebagaimana diketahui, kedelai merupakan bahan baku nabati yang merupakan kompetitor dari minyak kelapa sawit. Sawit untuk pengiriman November naik 0,9% menjadi 2.354 ringgit (US$ 721) per metrik ton di Bursa Malaysia Derivatives. Kemarin, harga minyak kelapa sawit pengiriman fisik September berada di harga 2.375 ringgit.

Analis yang dihubungi Bloomberg memperkirakan, produksi kedelai di AS diperkirakan mencapai 3,13 miliar bushels,  atau turun 3,7% dari perkiraan bulan sebelumnya. Sementara itu, rilis data produksi kedelai oleh Departemen Pertanian baru akan dirilis siang hari ini (12/9) waktu AS.

Gangguan produksi kedelai biasanya mempengaruhi produksi minyak kedelai. Jika hal itu terjadi, maka peluangnya ada pada produksi minyak kelapa sawit. Harga kedelai untuk November naik 0,4% menjadi US$ 13,635 per bushel di Chicago Board of Trade.

Editor: Asnil Bambani Amri
Telah dibaca sebanyak 1322 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Ada ratusan produk, pilih mana?

    +

    Ada sekitar 850 produk reksadana beredar saat ini. Pilihlah yang sesuai dengan gaya investasimu

    Baca lebih detail..

  • Menimbang return reksdana dan investasi lain

    +

    Return reksadana memang ciamik sepanjang tahun ini. Tapi, belakangan muncul gejolak di pasar. Apakah lebih baik mengamankan aset di instrumen aman seperti deposito, atau emas yang harganya sekarang lebih murah?

    Baca lebih detail..