kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,25   -8,11   -0.87%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Musim pembagian dividen masih bergulir


Rabu, 16 Mei 2018 / 07:45 WIB
Musim pembagian dividen masih bergulir


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa saham lokal bakal kembali diguyur pembagian dividen. Setidaknya ada 15 emiten yang siap menggelontorkan dividen tahun buku 2017. Cum dividen dan ex dividen dijadwalkan pekan ini (lihat tabel).

Dari 15 emiten pembagi dividen, imbal hasil (yield) dividen paling besar diberikan LTLS yakni 4,47%, disusul ASRM 4,17%, BEST 3,57% dan TOWR sebesar 3,06%.

Analis Senior Paramitra Alfa Sekuritas William Siregar menilai, dari 15 emiten pembagi dividen, SGRO dan KBLM justru menarik untuk dilirik saat ini. "Di tengah merosotnya penjualan CPO sebagai dampak tekanan global, saya melihat pola divergence dengan harga kontrak CPO saat ini berada di area uptrend," kata dia, kemarin.

Dengan begitu, cepat atau lambat emiten CPO akan membaik, tak terkecuali SGRO. Begitu pula KBLM yang menarik, lantaran memperoleh kontrak pengadaan kabel dari PT PLN. "Menarik, sejalan dengan proyek listrik PLN yang ditetapkan oleh pemerintah," jelas William.

Selain yield dividen, investor yang ingin masuk ke saham-saham pembagi dividen perlu memperhatikan beberapa faktor lain. Misalnya prospek dan kinerja emiten selama tahun berjalan. "Faktor fundamental masih menjadi hal yang perlu diperhatikan investor untuk meraih cuan di musim dividen ini," ungkap William.

Analis BCA Sekuritas Achmad Yaki menilai, jika ingin masuk ke saham pembagi dividen saat ini, maka ada syaratnya. "Masuk jangan terlalu besar, karena sebagian saham ini enggak terlalu besar volumenya, sehingga tak terlalu likuid. Risikonya susah out nanti," ujar dia.

Yaki menyarankan investor masuk ke saham spesialis pembagi dividen yang lebih likuid. Misalnya UNVR, ASII, CARS, EXCL, JAPF, CPIN, SCMA dan MNCN. "Itu bisa menjadi saham yang bisa dipilih saat ini. AALI, INDF serta LSIP juga bisa jadi pertimbangan," saran dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×