kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Moody's memangkas rating Pan Brothers (PBRX) menjadi Ca


Jumat, 15 Januari 2021 / 23:01 WIB
Moody's memangkas rating Pan Brothers (PBRX) menjadi Ca


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Moody's Investors Service memangkas peringkat PT Pan Brothers Tbk (PBRX) menjadi Ca dari Caa1. Pada saat yang sama, Moody's juga menurunkan obligasi senior tanpa jaminan yang diterbitkan oleh PB International B.V, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Pan Brothers. 

Moody's juga masih menepatkan outlook atas semua peringkat tetap negatif. "Penurunan peringkat mencerminkan ekspektasi kami tentang kemungkinan tinggi gagal bayar dalam waktu dekat," ujar  Stephanie Cheong, Analis Moody's dalam riset. Ia juga melihat risiko restrukturisasi utang yang jatuh tempo pada 27 Januari 2021 dengan cara menarik fasilitas kredit revolving senilai US$ 138,5 juta.

Baca Juga: Rencana penerbitan global bond menggeliat, ini yang perlu diwaspadai

Sementara itu, outlook negatif mencerminkan adanya tambahan ketidakpastian atas pembayaran obligasi US$ 171 juta yang jatuh tempo tahun 2022. Moody's menyebut kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban finansial sangat bergantung resolusi yang memuaskan dengan menggunakan pinjaman sindikasi menggunakan fasilitas kredit revolving US$ 138,5 juta sebelum utang jatuh tempo pada 27 Januari 2021. 

Jika pembayaran terlewat maka akan terjadi default apalagi masa jatuh tempo obligasi masih tahun depan. Obligasi ini juga masih harus membayar bunga sebesar US$ 6,5 juta yang harus dibayar pada 26 Januari 2021. 

Definisi Moody's mundurnya pembayaran bunga juga akan dianggap default. Jika terjadi default, Moody's memperkirakan outlook pemulihan pokok dan bunga akan rendah.

PBRX berencana menerbitkan obligasi senilai US$ 350 juta untuk membiayai kembali fasilitas kredit revolving dan obligasi senior tanpa jaminan yang jatuh tempo pada 2022. Tetapi rencana ini tidak dapat dilaksanakan sampai PBRX menerima persetujuan dari bank pemberi pinjaman sindikasi yang ada. 

Baca Juga: Emiten Tekstil Kompak Mencari Pendanaan Lewat Global Bond

Ini termasuk perpanjangan jatuh tempo dari fasilitas kredit bergulir US$ 138,5 juta yang jatuh tempo 27 Januari. Meskipun persetujuan ini diperoleh, Moody's percaya PBRX hanya akan bisa meluncurkan obligasi paling cepat pada bulan Februari 2020. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×