kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MI agresif jelang pengesahan APBN-P


Senin, 19 Januari 2015 / 09:08 WIB
MI agresif jelang pengesahan APBN-P
ILUSTRASI. Kode Redeem Ragnarok Origin Juli 2023 Update Terbaru, Simak Daftar dan Cara Klaim


Reporter: Noor Muhammad Falih | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Sentimen positif mulai mewarnai pasar modal domestik menjelang pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara-Perubahan (APBN-P) 2015. Pelaku pasar optimistis, bursa bakal bullish. Tak heran, sejumlah manajer investasi (MI) telah memasang strategi portofolio agresif di pasar saham.

Seperti diketahui, dalam rancangan APBN-P 2015, pemerintah membuat gebrakan baru, seperti pencabutan subsidi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, dan penyertaan modal negara (PMN) bagi sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Itu dilakukan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur. Rencananya, APBN-P 2015 disahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Februari nanti.

Presiden Direktur Bahana TCW Investment Management Edward Lubis menilai, investor pasar modal bakal bereaksi positif sebab ada realokasi dana dari sektor konsumtif (subsidi BBM) ke sektor produktif. “Ada harapan, pemerintah bisa mengerjakan pekerjaan rumah secara cepat,” ujarnya, akhir pekan lalu (16/1).

Lanjut Edward, harapan tersebut mendorong ekspektasi, kinerja pasar saham akan bullish seiring prospek positif kinerja emiten, terutama yang terkait dengan program pemerintah. Nah, untuk memanfaatkan momentum tersebut, Bahana TCW memasang strategi agresif, memperbesar porsi efek saham pada reksadana kelolaannya.

Edward menjelaskan, porsi efek saham pada masing-masing reksadana saham sudah di atas 92% dari dana kelolaan. Sementara, pada reksadana campuran, porsi saham sudah mencapai 70%. “Itu patokan kami saat sedang agresif. Sebelumnya netral, pada reksadana saham masih di bawah 90% dan campuran cuma 50%,” ungkapnya.

Setali tiga uang, baru-baru ini BNI Asset Management (BNI-AM) juga menerapkan strategi serupa. Senior Fund Manager BNI-AM Hanif Mantiq menyatakan, pihaknya menempatkan porsi efek saham hingga 95% pada reksadana saham dan 70% pada reksadana campuran. “Biasanya hanya 90% dan 50%,” ungkap Hanif.

Investment grade

Kata Hanif, BNI-AM ingin memaksimalkan momentum pengesahan APBN-P 2015 nanti. Apalagi, hal itu dinilai bukan sekadar momentum sesaat, melainkan berdampak pada jangka panjang, yakni peningkatan peringkat utang Indonesia menjadi level investment grade.

“Standard & Poor’s (S&P) dulu bilang, Indonesia belum layak investment grade karena boros di subsidi BBM dan anggaran infrastruktur yang tidak jelas. Sekarang dua-duanya sudah dijawab di APBN-P 2015 ini,” jelas Hanif.

Prediksi Hanif, jika proses politik pengesahan APBN-P 2015 tidak berbelit, S&P bisa dengan cepat merevisi peringkat utang Indonesia menjadi BBB pada semester I-2015.

MI lain yang juga telah memasang strategi agresif adalah PT Panin Asset Management. Direktur Panin AM Ridwan Soetedja mengaku, saat ini, portofolio efek saham di reksadana saham PAM mencapai 90%. Padahal, sebelumnya sekitar 82% hingga 85%. Adapun, porsi efek saham pada reksadana campuran meningkat dari semula 65% menjadi 70% (Panin Dana Bersama Plus).

Meski demikian, kata Ridwan, penentuan porsi efek saham tetap mengacu batasan strategi portofolio masing-masing produk. “Misalnya, dua reksadana campuran lainnya, yaitu Panin Dana Unggulan & Panin Dana Prioritas tidak menerapkan strategi itu, karena memang bukan produk agresif,” jelasnya.

Menurut Ridwan, Panin optimistis terhadap kinerja pasar saham lantaran sejumlah faktor pendukung. Pertama, pemotongan subsidi BBM mengindikasikan pembangunan infrastruktur bisa dimulai cepat sehingga Indonesia bisa naik ke level investment grade. Namun, tentu saja, hasil pembangunan belum terlihat langsung pada tahun ini.

Kedua, ada tren perbaikan defisit transaksi berjalan. Terakhir, ekspektasi melambatnya inflasi akibat penyesuaian harga BBM yang mengikuti penurunan harga minyak mentah dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×