kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Mengerek penjualan, Mitra Adiperkasa manfaatkan momentum

Rabu, 04 April 2018 / 11:18 WIB

Mengerek penjualan, Mitra Adiperkasa manfaatkan momentum
ILUSTRASI. Debenhams di Mal Senayan City Jakarta
Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Adiperkasa Tbk akan memaksimalkan sejumlah momentum untuk mendongkrak penjualan sepanjang tahun ini. Tidak hanya Lebaran dan Tahun Baru, even internasional dan pilkada serentak juga masuk bidikan perusahaan ini.

Pada ajang Asian Games 2018 yang bakal digelar di Jakarta dan Palembang contohnya, perusahaan ritel ini bakal menggenjot penjualan segmen sport. Seperti diketahui, emiten berkode saham MAPI di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini memiliki gerai Sport Station, Planet Sport, hingga gerai Golf House. "Ada strategi khusus dalam rangka Asian Games dengan menjual merchandisetematik Asian Games," ungkap Fetty Kwartati, Head of Corporate Communication MAPI kepada Kontan.co.id, Senin (2/4).

Berdasarkan catatan Kontan.co.id, segmen produk olahraga dibawah MAP Active saat ini memiliki 686 gerai multibrand, sebanyak 226 gerai konsep atau concept store, dan tiga online store. Namun tidak semua gerai tersebut akan memanfaatkan perhelatan akbar Asian Games dengan menjual merchandise. "Di gerai-gerai tertentu saja," ungkap Fetty.

Tahun ini, Mitra Adiperkasa fokus mengembangkan unit specialty store untuk fesyen, olahraga, dan food and beverage (F&B). Di tahun 2018 perusahaan ini menargetkan pertumbuhan antara 14%-15% ketimbang pencapaian tahun lalu. Sayang, Fetty belum bersedia membeberkan target penjualan sepanjang gelaran Asian Games dan Piala Dunia. "Maaf data (target penjualan) tidak bisa di-close," katanya.

Sejatinya, F&B menjadi fokus perusahaan untuk terus dikembangkan bersama dengan segmen fesyen, dan olahraga karena respons pasar yang cukup bagus. Lewat PT MAP Boga Adiperkasa Tbk (MAPB), MAPI memproyeksikan pengembangan produk-produk tersebut. Saat ini, MAPB menjalankan lebih dari 370 gerai di 30 kota di Indonesia.

Selain Starbucks, MAPB mengelola gerai Pizza Marzano, Krispy Kreme, Coldstone, Godiva, dan Genki Sushi. Brand F&B MAPI tidak cukup sampai di situ, masih ada beberapa brand yang tidak terkonsolidasi dalam laporan keuangan perseroan ini. "Total tambahan gerai F&B itu 70 gerai, tidak termasuk Burger King yang tidak terkonsolidasi dalam laporan keuangan MAP. Burger King juga bukan di bawah MAPB," papar Fetty.

Dalam situs resmi MAPI, di luar enam merek dibawah kelolaan MAPB, peritel besar ini mempunyai merek yang tidak terkonsolidasi. Di antaranya Burger King, Domino's Pizza, Paul, dan Chatter Box. Fetty tak merinci ekspansi gerai-gerai tersebut. "Tambahan 70 gerai itu terdiri dari Starbucks, Pizza Marzano, dan Genki Sushi," tuturnya.

Yang pasti porsi ekspansi Starbucks paling besar mencapai 60 gerai tahun ini. Sedangkan sisanya terbagi-bagi untuk beberapa brand lainnya. Di segmen F&B, manajemen Mitra Adiperkasa berharap bisa mencatatkan pertumbuhan kinerja sekitar 20% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


Reporter: Andy Dwijayanto
Editor: Wahyu Rahmawati

EMITEN

Komentar
TERBARU

KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0007 || diagnostic_api_kanan = 0.0584 || diagnostic_web = 0.2120

Close [X]
×