: WIB    —   
indikator  I  

Memetakan kondisi keuangan lewat 4 tangga

Memetakan kondisi keuangan lewat 4 tangga

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada di tangga manakah keuangan Anda saat ini? Di tangga "rawan", "aman", "nyaman" atau "mapan"? Ternyata, sekalipun kita mampu mencukupi kebutuhan hidup saja belum bisa disebut "aman".

Bisa disebut "aman" jika kebutuhan dasar seperti sandang, pangan dan papan kita terpenuhi lewat pendapatan pasif (passive income). Ini artinya jika masih bergantung pendapatan active income maka keuangan kita masih tergolong "rawan".

Pemaparan ini disampaikan oleh Master Coach dan Founder Vanaya Coaching Institute, Lyra Puspa dalam bedah buku yang berjudul "Income Pentagon" yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo di, Plaza Senayan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Lyra yang juga penulis buku Income Pentagon ini menegaskan alasan bahwa kita harus memetakan kondisi keuangan lewat 4 tangga tersebut agar bisa menetapkan dan mengukur target keuangan kita di masa mendatang.

Salah satu mencapai tangga "aman" caranya melalui jalur pendapatan yang bisa dipakai selain dari gaji dan bisnis saja. Lyra memformulasikan jalur pendapatan tersebut dengan rumus bernama Income Pentagon yang menjadi judul buku tersebut.

Dengan ini maka, "aman" atau tidaknya keuangan tergantung dari seberapa optimal kita memanfaatkan sumber pendapatan yang ada.

"Kasus nyata seorang yang baru kena PHK sukses setelah bekerjasama tetangga-tetangganya berternak sapi, luar biasa dia bisa menghidupkan passive income-nya," ujarnya.

Memang setiap orang memiliki portofolio yang berbeda. Oleh karenanya pada banyak kasus sering dibutuhkan sosok wealth coach yang mendampingi pribadi, pebisnis, bahkan perusahaan untuk bisa mengoptimalkan jalur pendapatan yang ada.

"Sama-sama pakai cara yang sama tapi dengan style yang berbeda," tambah Lyra.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews dengan judul: Ada di Tangga Mana Kondisi Keuangan Anda Sekarang?


SUMBER : TribunNews.com
Editor Yudho Winarto

FINANCIAL CHECK-UP

Feedback   ↑ x
Close [X]