kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mau awet muda, konsumsi empat makanan ini


Kamis, 05 Januari 2017 / 20:39 WIB
Mau awet muda, konsumsi empat makanan ini


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

JAKARTA. Bagi sebagian orang, menjadi tua adalah hal yang menakutkan. Walau penuaan adalah hal yang tak mungkin dihindari, tetapi ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperlambat datangnya.

Resep awet muda ternyata mudah saja. Dilansir dari Shape.com, makanan-makanan bisa menjaga kita awet muda.

1. Rumput Laut
Makanan yang kerap ditemukan dalam masakan Jepang ini bermanfaat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker. Senyawa di dalam rumput laut pun ditemukan menurunkan inflamasi dan memerangi virus. Di samping itu, rumput laut pun kaya akan antioksidan, serat, vitamin B12, C, K juga yodium dan zat besi.

Vitamin C di dalamnya membantu zat besi terserap lebih baik dan akhirnya membuat sel darah merah sehat. Antioksidan dan vitamin K mencegah pembekuan darah yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Kita pun membutuhkan yodium untuk kesehatan tiroid. Namun terlalu banyak yodium tak baik untuk kesehatan. Konsumsilah satu sendok makan rumput laut setiap hari untuk mendapatkan khasiat sehatnya secara optimal.

2. Minyak Zaitun
Merupakan elemen penting dalam pola makan Mediterranian, minyak zaitun adalah minyak paling sehat. Kandungan polifenol di dalamnya memberikan khasiat antioksidan dan kekuatan anti inflamasi yang membantu mencegah penyakit penuaan seperti Alzheimer's.

Jenis utama asam lemak dalam minyak zaitun adalah tak jenuh utnggal dalam bentuk asam omega 9. Menikmati minyak zaitun jenis virgin ini dalam bentuk salad atau dicocol roti gandum berhubungan dengan kadar Kolesterol lebih baik dan risiko penyakit jantung lebih rendah. Minyak zaitun pun dapat dioleskan ke kulit untuk mencegah penuaan dan kerut.

3. Seafood
Ikan laut adalah salah satu jenis protein tersehat untuk menjaga dan membangun otot. Ikan laut yang akan omega 3 seperti salmon, mackerel, sarden dan trout memberikan manfaat sehat untuk otak dan jantung.

Makan ikan sehat ini dua kali seminggu tak hanya meningkatkan energi tapi juga memperbaiki memori dan menurunkan risiko kepikunan sekaligus menurunkan risiko kematian karena penyakit jantung sampai 36 persen.

Rutin makan seafood tak hanya menjaga kesehatan otak dan jantung tetapi juga membuat panjang umur. Riset terbaru menemukan orang dewasa usia lanjut dengan kadar asam lemak omega tiga lebih tinggi dalam darah dari ikan laut rata-rata hidup lebih lama 2,2 tahun dibandingkan dengan orang yang kadarnya lebih rendah.

4. Tomat
Tomat adalah sumber likopen yang baik, antioksidan kuat yang menjaga kesehatan jantung, tulang kuat dan mencegah kanker. Likopen dapat membantu menurunkan Kolesterol total, LDL dan trigliserida dalam darah.

Nutrisi dalam tomat pun membantu mencegah platelet darah agar tidak saling menempel dan menyumbat pembuluh arteri. Hasilnya, risiko serangan jantung dan stroke pun menurun.

Untuk tomat, paling sehat jika dimakan dalam keadaan dimasak. Pasalnya, proses pemasakan justru melipatgandakan kandungan likopen.

Antioksidan dalam tomat pun membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan mencegah kerut. Tetapi perlu diingat, selain makan tomat, kulit tetap perlu dijaga dengan pemakaian tabir surya.

(Dhorothea)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×