kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kinerja Matahari diproyeksi positif dengan buka 8 gerai baru

Jumat, 09 Maret 2018 / 04:05 WIB

Kinerja Matahari diproyeksi positif dengan buka 8 gerai baru

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rencana pembukaan delapan gerai di tahun ini, diproyeksikan akan memberi katalis positif bagi kinerja PT Matahari Department Store (LPPF).

Michael Tjahjadi Analis NH Korindo Sekuritas Indonesia mengatakan dalam tiga hingga empat tahun ke depan LPPF menyatakan akan menutup 3-4 gerai yang memiliki penjualan dan marginal cash flow buruk.

Namun, langkah LPPF untuk membuka delapan gerai baru di 2018 menunjukkan bahwa penutupan gerai tersebut bertujuan untuk membuat LPPF lebih fokus di daerah yang potensial. "Melihat kinerja sekarang, masih belum cukup memuaskan apalagi jika dibandingkan dengan pembukaan delapan gerai baru," kata Michael.

LPPF memiliki target konsumen masyarakat menengah hingga menengah ke bawah. Michael memproyeksikan naiknya harga komoditas di tahun ini serta kebijakan Presiden Joko Widodo untuk mengunci harga Bahan Bakar Minyak (BBM) maka bisa membuat daya beli masyarakat akan lebih baik dibanding tahun lalu.

Prospek LPPF di tahun ini, Michael lihat masih positif, salah satunya didukung rencana penambahan 8 gerai di tahun ini. Selain itu, LPPF kini mulai menggunakan big data analytics untuk menganalisa tren pembelian konsumen.

Teknologi ini dilakukan agar LPPF bisa menyediakan barang atau merchandising yang sesuai dengan tren. LPPF memiliki potensi untuk menggenjot kinerjanya di tahun ini dengan rencana perusahaan merilis eksklusif home product di gerai yang sudah ada.

Namun, Michael mengatakan tantangan bagi LPPF di tahun ini adalah biaya sewa toko yang naik. Biaya sewa toko di tahun 2017 sebesar 13,8% dari sales. Biaya ini naik dari tahun sebelumnya yang hanya 12,6% dari sales.

Johanes Prasetia Analis BCA Sekuritas memproyeksikan pertumbuhan SSSG di tahun ini akan kuat didukung dengan 8 gerai baru yang empat diantaranya sedang dalam pembangunan. "Tiga gerai yang berada di luar Pulau Jawa seharusnya bisa berkontribusi cukup besar dalam pertumbuhan bisnis karena persaingan dan biaya sewa toko yang rendah," kata Johanes dalam risetnya 28 Februari 2018.

Menurut Johanes, langkah LPPF untuk menjual segmen barang peralatan rumah tangga bisa membawa katalis positif pada kinerja LPPF di tahun ini, meski rencana ini temasuk baru bagi LPPF.

Setelah bekerjasama dengan Disney, Johanes memperkirakan LPPF akan menikmati tawaran kerjasama eksklusif dengan penyanyi anak-anak seperti Naura for Nevada dan Indonesia fashion designers. Johanes memrpoyeksikan margin LPPF tahun ini dari direct purchase meningkat 35,5%.

Michael memproyeksikan pendapatan LPPF di akhir tahun ini bisa tumbuh 6,4% menjadi Rp 10,67 triliun. Sedangkan, laba bersih LPPF, Michael prediksikan tumbuh 13,2% menjadi Rp 2,16 triliun di akhir tahun. Michael merekomendasikan buy LPPF di target harga Rp 13.750 per saham.

Kompak, Johanes juga merekomendasikan buy di target harga Rp 13.400 per saham.

 


Reporter: Danielisa Putriadita
Editor: Herlina Kartika

REKOMENDASI SAHAM

Komentar
TERBARU

KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0059 || diagnostic_api_kanan = 0.0548 || diagnostic_web = 0.2598

Close [X]
×