kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja Corfina Dana Kas Syariah di atas rata-rata, ini strateginya


Rabu, 18 April 2018 / 17:43 WIB
Kinerja Corfina Dana Kas Syariah di atas rata-rata, ini strateginya
ILUSTRASI. Ilustrasi Reksadana


Reporter: Dimas Andi | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pamor reksadana pasar uang tengah melejit di tengah penurunan kinerja jenis reksadana lainnya sepanjang kuartal pertama tahun ini. Salah satu produk reksadana pasar uang yang menorehkan kinerja positif adalah Corfina Dana Kas Syariah.

Produk kelolaan PT Corfina Capital itu mencatatkan return sebesar 1,15% secara year to date hingga akhir Maret 2018. Imbal hasil tersebut di atas kinerja rata-rata reksadana pasar uang yang tercermin pada Infovesta Money Market Fund Index sebesar 0,98% di periode yang sama.

Direktur Corfina Capital, Bambang Subiantoro mengatakan, pihaknya berupaya mengoptimalisasikan kerja sama dengan perbankan yang mampu memberikan tingkat suku bunga deposito berjangka yang kompetitif. Hal ini mengingat sebagian besar isi portofolio reksadana tersebut berupa deposito berjangka.

Berdasarkan Fund Fact Sheet bulan Maret, komposisi portofolio reksadana Corfina Dana Kas Syariah terdiri dari efek berupa deposito sebesar 99,57% dan obligasi korporasi bertenor kurang dari satu tahun sebesar 0,29%.

Corfina Capital selektif ketika memilih deposito sebagai aset portofolio reksadana Corfina Dana Kas Syariah. Menurut Bambang, deposito yang layak dikoleksi untuk reksadana tersebut minimal berasal dari bank BUKU II yang berbasis syariah. “Kami sesuaikan dengan penerapan prinsip syariah di pasar modal,” katanya, Rabu (18/4).

Adapun obligasi korporasi yang bisa dijadikan aset portofolio reksadana Corfina Dana Kas Syariah harus memiliki rating minimal idA dari Pefindo.

Bambang mengakui, tekanan yang terjadi di pasar modal dalam dua bulan terakhir tidak berpengaruh pada reksadana berbasis instrumen pasar uang seperti Corfina Dana Kas Syariah. “Produk ini tidak mengalami perubahan strategi,” ujarnya.

Walau tidak menyebut angka pasti, Bambang menargetkan, reksadana Corfina Dana Kas Syariah mampu memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dari imbal hasil investasi deposito secara langsung.

Produk yang baru meluncur 27 November 2017 itu kini memiliki dana kelolaan Rp 100 miliar per Maret 2018. Namun, Bambang yakin dana kelolaan reksadana tersebut bisa mencapai Rp 250 miliar pada akhir tahun nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×