kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kimia Farma (KAEF) impor 10.000 boks rapid test dari Belanda


Selasa, 21 April 2020 / 19:57 WIB
Kimia Farma (KAEF) impor 10.000 boks rapid test dari Belanda
ILUSTRASI. Peralatan uji cepat (rapid test) Covid-19.


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anggota Holding BUMN Farmasi yaitu PT Kimia Farma Tbk (KAEF) sudah mengimpor sebanyak 10.000 boks rapid test untuk mendeteksi Covid-19.

Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk Verdi Budidarmo mengungkapkan, KAEF sudah mendistribusikan sebanyak 6.500 boks ke fasilitas layanan kesehatan, laboratorium pemeriksaan Covid-19 dan dinas kesehatan provinsi/kabupaten/kota, termasuk fasilitas layanan kesehatan klinik Kimia Farma dan sebagian untuk didonasikan.

Baca Juga: Tak ingin terus impor, KAEF siap produksi bahan baku obat untuk 82 industri farmasi

Alat pendeteksi Covid-19 ini diimpor dari Belanda dengan brand Biozek. “Rapid test tidak didistribusikan melalui ritel dan perorangan ataupun online sesuai dengan regulasi,” katanya, Selasa (21/4).

Selain itu, dalam paparannya Verdi menjelaskan saat ini KAEF tengah berupaya untuk terus mengembangkan obat yang dibutuhkan dalam penangangan Covid-19. Ada beberapa jenis obat yang digunakan sebagai alternatif pengobatan Covid-19 meliputi Remdesivir, Favipiravir, Chloroquin, Hydroxy Chloroquin, dan Lapinavor Ritonavir.

Ia menjelaskan, perusahaan farmasi ini sedang melakukan kajian lebih lanjut untuk Remdesivir dan Favipiravir. Dalam pengembangan bahan baku obat, perusahaan ini juga meminta dukungan lantaran ada beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh KAEF dari hulu hingga hilir, misalnya penggunaan tingkat kandungan dalam negeri.

Baca Juga: Kimia Farma (KAEF) distribusikan 13 juta tablet chloroquine

"Dan di hulu adalah kaitannya dengan ketergantungan bahan baku obat, ini kan juga dari bahan kimia dasar, jadi pengembangan industri kimia dasar juga sangat diperlukan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×