: WIB    —   
indikator  I  

Kiat merawat sneakers biar tetap bernilai tinggi

Kiat merawat sneakers biar tetap bernilai tinggi

Salah satu sneakers yang punya nilai jual tinggi adalah sepatu model retro. Sneakers retro adalah sepatu keluaran lama alias jadul yang diproduksi lagi.

Menurut Yherry Eko Saputro, kolektor sneakers, ada dua jenis sneakers retro.

Pertama, retro OG atawa original. Contoh, Nike Air Jordan. Retro OG maksudnya, model sepatu basket itu sama persis dengan yang pernah digunakan oleh pebasket Michael Jordan, termasuk warnanya.

Kedua, retro biasa. Model sepatu basket tersebut sama dengan yang pernah dipakai Michael Jordan, tapi warnanya berbeda.

Dari namanya, Anda bisa membedakan antara sneakers retro yang original dan biasa. Yang original, nama sepatunya memakai embel-embel OG Retro.

Nah, agar koleksi sneakers tetap punya harga jual tinggi, Anda mesti merawat betul sepatu itu. Sekalipun, Anda tidak pernah memakainya.

Untuk itu, Yherry bilang, rajin-rajinlah membersihkan sneakers Anda. “Jangan sampai debu menumpuk. Kalau sudah mengendap dan membentuk noda, susah untuk membersihkannya,” ujarnya.

Kalau sneakers Anda kotor, jangan pernah mencucinya dengan cara direndam. Yherry mengatakan, cukup dengan membersihkan dengan air secukupnya. Jika tidak terlalu kotor, cukup dilap dengan kain basah.

Kemudian, untuk mengeringkannya, Anda dilarang keras menjemur di bawah sinar matahari langsung. Sebab, bisa menyebabkan warna asli sepatu menjadi pudar.

Sepatu bisa jadi keras dan kasar saat dipakai. “Cukup diangin-anginkan saja, pakai kipas angin juga boleh,” imbuh Yherry.


Reporter SS. Kurniawan
Editor S.S. Kurniawan

SNEAKERS

Feedback   ↑ x
Close [X]