: WIB    —   
indikator  I  

Kecemasan Korut reda, bursa Eropa sumringah

Kecemasan Korut reda, bursa Eropa sumringah

KONTAN.CO.ID - Mayoritas indeks acuan Eropa ditutup positif pada transaksi perdagangan Rabu (30/8). Data yang dihimpun CNBC menunjukkan, indeks FTSE Inggris naik 0,38% menjadi 7.365,26. Sementara, indeks DAX Jerman naik 0,47% menjadi 12.002,47. Adapun indeks CAC naik 0,49% menjadi 5.056,34.

Alhasil, indeks saham gabungan Eropa Stoxx 600 mengakhiri perdagangan dengan kenaikan 0,76%. Kondisi ini menunjukkan perbaikan setelah sesi sebelumnya indeks sempat menyentuh level terendah dalam enam bulan terakhir.

Saham-saham media juga bergerak positif. Saham ITV, misalnya, naik 2,5%. Demikian pula halnya dengan saham perbankan. Saham Swedbank berhasil ditutup naik 2,4% setelah JPMorgan meningkatkan rekomendasinya terhadap bank asal Swedia ini.

Saham-saham ritel mengakhiri transaksi dengan kenaikan 1,1%. Kenaikan tertinggi di sektor ini dialami supermarket Ocado dan Sainsbury dengan kenaikan masing-masing 4,2% dan 2,2%.

Jika melihat performa individual, RTL Group naik hampir 6% setelah merilis kinerjanya di semester I. Namun kemudian, saham ini turun lagi dan ditutup dengan kenaikan 2,1%.

Menurut analis, kenaikan pasar saham Eropa kemarin terjadi seiring dengan meredanya kecemasan mengenai Korea Utara.

Pada Selasa, Presiden AS Donald Trump mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa seluruh opsi sudah didiskusikan saat menyangkut peluncuran rudal Korut.

"Dunia menerima pesan terakhir Korut yang cukup keras dan jelas. Rezim ini memberikan sinyal penghinaan ke negara-negara tetangga, ke seluruh anggota PBB, dan standar minimum penerimaan perilaku internasional," jelas Trump.


Reporter Barratut Taqiyyah Rafie
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

BURSA EROPA

Feedback   ↑ x
Close [X]