kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kartu kuning bagi kontraktor plat merah


Rabu, 21 Februari 2018 / 10:52 WIB
Kartu kuning bagi kontraktor plat merah
ILUSTRASI. Tiang Pancang Tol Becakayu Roboh


Reporter: Dede Suprayitno, Dityasa H Forddanta | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Insiden ambruknya cetakan beton sementara (pier head) tiang jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) berbuntut panjang. Pemerintah memberlakukan moratorium atas seluruh proyek jalan layang (elevated), termasuk light rail transit (LRT).

Efeknya, saham emiten konstruksi BUMN kemarin ikut ambrol. Penurunan paling tajam dialami saham WIKA, yakni merosot 1,99% jadi Rp 1.970 per saham. Saham WSKT, selaku kontraktor proyek tol Becakayu, menyusut 1,93% ke level Rp 3.050. Saham ADHI turun 0,81% ke Rp 2.460.

Adapun saham PTPP tak berubah dari posisi Rp 3.180. "Pasar khawatir moratorium itu mengganggu cash flow perusahaan," ungkap Robertus Yanuar Hardy, Research Analyst Kresna Sekuritas, kepada KONTAN, kemarin.

Saham WIKA tergerus paling dalam lantaran kontrak dari segmen jalan tol dan jembatan paling besar dibandingkan emiten lain. Mengutip data perusahaan, kontrak WIKA dari segmen itu mencapai Rp 29,97 triliun, atau 70% dari total kontrak per 2017, senilai Rp 42,40 triliun.

Adapun WSKT mencatatkan kontrak segmen jalan tol dan jembatan Rp 29,28 triliun atau 49% dari target kontrak 2017. ADHI hanya 12,3% dari kontrak 2017 senilai Rp 17,8 triliun. Sedangkan PTPP hanya Rp 6,8 triliun atau 18% dari kontrak per November 2017.

Soal seberapa besar potensi tekanan terhadap cash flow setiap emiten, ini belum terukur. Tapi ADHI dan PTPP memastikan moratorium itu tak mengganggu cash flow.

ADHI memang punya proyek LRT. Direktur Keuangan ADHI Harris Gunawan menyatakan, tak semua aspek proyek elevated dimoratorium. "Yang review lebih soal metode konstruksi," imbuh dia.

Yang dikaji juga hanya enam poin, yakni sertifikasi dan pengalaman kerja, keberadaan konsultan pengawas di lapangan, kelayakan alat kerja, teknologi dan metode kerja, material yang dipakai serta penerapan SOP di lapangan. "Kami memang terkena suspensi, tapi kami siap mengajukan metode konstruksi ke tim Komite Keselamatan Konstruksi (KKK) Kementerian PUPR. Secara desain dan metode kami lebih siap karena didampingi konsultan dari Prancis," tutur Harris.

Nugroho Agung Sunyoto, Sekretaris Perusahaan PTPP, menegaskan hal serupa. Proyek elevated PTPP tidak banyak. Di luar Jakarta memang ada. "Di Papua sebentar lagi pengangkatan jembatan, tapi ini special case," tegas dia.

Robertus menilai, sentimen negatif ini sejatinya bisa menjadi peluang untuk buy on weakness saham emiten konstruksi BUMN. Sebab, moratorium ini hanya sementara.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji juga berpendapat insiden ini hanya temporer. "Insiden bisa ditangani dan tak menimbulkan korban jiwa," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×