kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kalbe Farma (KLBF) mengalihkan saham sejumlah anak usaha


Sabtu, 03 Oktober 2020 / 06:25 WIB
Kalbe Farma (KLBF) mengalihkan saham sejumlah anak usaha


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) mengalihkan kepemilikan sejumlah anak usaha ke perusahaan lain yang masih terafiliasi. Lewat pengalihan ini, Kalbe berharap bisa lebih fokus mengembangkan bisnis selanjutnya.

KLBF melepas kepemilikan 70% saham PT Kalbe Morinaga Indonesia kepada PT Sanghiang Perkasa. Sanghiang Perkasa merupakan perusahaan yang 99,997% sahamnya dimiliki oleh Kalbe.  PT Bifarma Adiluhung memegang kepemilikan saham di Sanghiang Perkasa sebesar 0,003%. Adapun 99,996% saham PT Bifarma Adiluhung dimiliki oleh KLBF. 

Nilai transaksi pengalihan saham Kalbe Morinaga ini adalah Rp 265,08 miliar. Selain itu, KLBF juga melepas 51% saham PT Kalbe Milko Indonesia dengan nilai Rp 44,88 miliar juga kepada Sanghiang Perkasa.

"Transaksi ini merupakan langkah Kalbe Farma di dalam pengelompokan bisnis unit atau anak usaha KLBF ke divisi yang sejenis," jelas Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius dalam keterbukaan informasi, Kamis (1/10). 

Baca Juga: Remdesivir Rp 3 juta memantik kontroversi keampuhan untuk pasien corona, ada apa?

Kalbe Farma berharap melalui pengalihan saham ini, proses bisnis dapat lebih fokus sehingga meningkatkan pengembangan produk dan layanan. Sementara dari sisi internal, dengan adanya langkah ini diharapkan koordinasi mengenai supply chain, operasional pabrik, distribusi, dan support lainnya dapat berjalan lebih lancar. 

Selain melepas beberapa saham di anak usaha, KLBF juga meneken transaksi pembelian 99,96% saham PT Karya Lintas Buwana dari Sanghiang Perkasa sebagai penjual. Nilai transaksi ini mencapai Rp 212,92 miliar.

Seperti transaksi penjualannya, transaksi pembelian ini dilakukan sebagai upaya perusahaan untuk mengelompokkan bisnis unit atau anak usaha KLBF ke divisi yang sejenis. 

Baca Juga: Kalbe Farma (KLBF) lepas 51% kepemilikan saham di Kalbe Milko Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×