kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.499.000   -40.000   -2,60%
  • USD/IDR 15.935   -60,00   -0,38%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

JSMR masih membutuhkan Rp 5,6 triliun


Jumat, 15 April 2016 / 08:50 WIB
JSMR masih membutuhkan Rp 5,6 triliun


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) terus mengeduk utang bank demi menjalankan ekspansi bisnis jalan tol. Tahun ini, JSMR membutuhkan pinjaman bank Rp 13,3 triliun.

Baru-baru ini, JSMR meraih utang sindikasi senilai Rp 7,7 triliun. Dana itu untuk membiayai proyek Solo-Ngawi sepanjang 90,1 km dan Ngawi-Kertosono 87,02 km.

Pinjaman itu diperoleh dari tiga bank dan dua lembaga pembiayaan yakni Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Rakyat Indonesia (BRI), BPD Jawa tengah, BPD Yogyakarta, dan PT Eximbank Indonesia.  (Baca juga: SMF tidak ikut dalam kredit sindikasi ke JSMR)

Iwan Moedyarno, Direktur Utama, PT Ngawi Kertosono mengatakan, pinjaman sindikasi ini berlaku selama 15 tahun, dengan bunga rata-rata deposito berjangka ditambah 4,5%. "Adapun penjaminannya adalah pendapatan jalan tol dan kelayakan proyek itu," kata dia, Kamis (14/4).

Pinjaman sindikasi ini untuk menyokong proyek jalan tol Solo-Ngawi senilai Rp 4,37 triliun dan proyek jalan tol Ngawi-Kertosono sekitar Rp 3,37 triliun. Kreditur seperti Bank Mandiri, Bank BNI dan BRI masing-masing menyumbang 24,87% atau Rp 1,08 triliun untuk Solo-Ngawi dan Rp 838 miliar di Ngawi-Kertosono.

Hingga kini, pembebasan lahan Ngawi-Kertosono sudah 90%. Oleh karena itu, pembangunan ditargetkan rampung pertengahan 2017 dan beroperasi 2018. Adapun lahan ruas Ngawi-Solo yang belum dibebaskan tersisa 5%-6%.

David Wijayatno, Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya, mengatakan, seksi Solo-Sragen dari ruas Solo-Ngawi sepanjang 35 km sudah bisa beroperasi akhir tahun ini.

Pasalnya, saat ini konstruksi yang menjadi bagian pemerintah mencapai 85% dan bagian perusahaan mencapai 30%. Jasa Marga masih menjajaki pinjaman lagi senilai Rp 5,6 triliun dari total kebutuhan Rp 13,3 triliun.

Direktur Utama JSMR Adityawarman mengatakan, dana senilai Rp 3 triliun akan digunakan sebagai dana talangan untuk pembebasan lahan dan sisanya Rp 2,6 triliun untuk refinancing utang bank, yang jatuh tempo tahun ini sebesar Rp 1,2 triliun dan kebutuhan ekspansi lain.

"Proses penjajakan untuk dana talangan pembebasan lahan ini sudah mencapai 70%," ujar dia. Selain utang bank, JSMR berniat merilis obligasi, karena ada utang jatuh tempo Rp 1,2 triliun tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×